Powered by Blogger.

Memiliki Kehilangan

Tak mampu melepasnya walau sudah tak ada
Bagimu tetap merasa masih memilikinya
Kesan kehilangan hanya akan ada
Jika kau pernah merasa memilikinya

Pernahkah kau mengira kalau dia akan sirna 
Walau kau tak percaya dengan sepenuh jiwa
Kesan kehilangan hanya akan ada
Jika kau pernah merasa memilikinya

Memiliki kehilangan, menurut seorang CHaM lagu ini mengandung dua makna.

Pertama, tak ada yang abadi di dunia ini. Akan ada masa dimana sesuatu itu berakhir,berubah, pergi, hilang, sirna, mati, terserah apalah namanya… yang pasti sesuatu itu tak akan sama lagi.

Kedua,"kesan kehilangan hanya akan ada, jika kau pernah merasa memilikinya" betul!!!, kehilangan akan ada jika pernah memiliki, memiliki disini melibatkan rasa dan asa. Tapi, yang perlu diingat jangan punya rasa kepemilikan yang total apalagi sampai2 kedirian kita melekat padanya/pada sesuatu. Karena seperti poin pertama diatas, tak ada sesuatu yang benar2 konstan di dunia ini, tidak ada yang abadi. Semuanya kan berubah dan jika itu terjadi, maka hilanglah dirikita bersama seorang/sesuatu itu, dan jadilah kita seorang yang hanya punya raga tanpa jiwa (mirip2 orang gila). Kesimpulannya, yah... hanya orang bodoh yang merana sepanjang tahun meratapi perpisahan, meratapi kepergian, meratapi kehilangan, dan lebih bodoh lagi jika meratapi kematian. Mang mau ikut mati juga??? Saya jadi teringat sebuah quote anggun dari seorang Muhidin M Dahlan (di Aku, Buku dan Sepotong Sajak Cinta) 
"Jadi sesungguhnya bukan yang dikasihi yang membujur itu ia tangisi, tapi ia sedang menangisi dirinya sendiri, yang sesak, yang terasing, yang terlempar oleh sebuah tanya: setelah ia pergi, lalu aku mau apa?" 
So sweeeeeet…...

No comments