Powered by Blogger.

Musik di Indonesia

Banyak orang yang bilang bahwa industry music di Indonesia ini sedang mengalami kemajuan, dibuktikan dengan menjamurnya band-band dengan aliran yang berbeda-beda, tidak hanya itu solois dan group pun bangkit satu persatu. Dimana mereka berkompetisi menyuguhkan syair-syair yang indah disertai alunan yang syahdu plus wajah yang bikin mupeng. Tapi apakah itu sudah cukup untuk dikatakan sebagai sebuah kemajuan?

Akhir-akhir ini, khususnya sepanjang tahun 2007-2008 telinga kita (orang Indonesia) banyak di suguhi lagu-lagu yang memanjakan telinga, temanya universal yaitu cinta. Dan dari yang terdengar memang lagu-lagunya ENAK dan sangat mudah untuk dipahami karena sangat dekat dengan kehidupan remaja pada umumnya. Munculnya banyak situs2 penyedia lagu-lagu indo dengan page rank diatas tiga, banjirnya job-job manggung untuk para band/penyanyi baru, tenggelamnya band/penyanyi lama dan lakunya MP3/MP4 player bisa dikatakan sebagai penanda diterimanya band-band baru/penyanyi-penyanyi baru dikalangan masyarakat luas.

Tapi, menurut saya fenomena yang terjadi tak langsung bisa dikatakan sebagai sebuah kemajuan.

Kenapa? karena untuk saya pribadi tetap kualitas yang paling utama. Kualitas bisa dilihat dari banyak dimensi, tapi yang paling utama adalah bagaimana performance mereka dalam konser-konser LIVE. Saya langsung dibuat illfeel sama penyanyi/band yang live performancenya hanya mengandalkan GAYA, dalam artian hanya mengandalkan suara kaset rekaman – bahasa gaolnya LIPSING. Sekalinya menggunakan suara asli, beehhhh!!!! Jauh sekali dari apa yang ada dalam kaset. Mungkin sudah jaman segala sesuatu serba di samarkan, serba di edit.

Dan sikap welcome pasar, makin menyakinkan bahwa untuk menjadi “seseorang” dalam industry music tak begitu sulit.

Entahlah, apakah industry music di Negara ini memang mengalami kemajuan ataukah justru selera music orang2 indinesia yang mengalami kemunduran? Mungkin untuk menjawab pertanyaan itu, kita bisa intip acara2 yang menampilkan kompetisi bernyanyi yang sekarang sedang Booming di beberapa stasiun TV. Acara-acara seperti itu bisa sedikit menunjukkan selera music orang Indonesia dengan melihat siapa yang tetap bertahan.

No comments