Powered by Blogger.

Renungan Akhir Tahun

Pernahkah kamu merasa kalau segala sesuatu yang kau lakukan adalah sia-sia?

Ataukah

Kamu merasa apa yang kau dapatkan sekarang bukan sesautu yang kau butuhkan?

Terkadang manusia (khususnya saya) seringkali lupa terhadap sesuatu yang esensial dan lebih memperhatikan sesuatu yang bersifat aksesori. Lupa tujuan, lupa alasan, lupa rencana. Sejauh yang saya tahu melupakan hal tersebut adalah sesuatu yang fatal, apalagi kalau kita dalam kondisi sadar.

Entahlah,yangsaya tahu berlarut-larut dalam kesenangan, memuaskan diri, ego dan emosi adalah hal yang sangat mengasyikkan, ibaratnya wisata jiwa. Tapi ada saatnya segala sesuatu itu tiba-tiba terasa hampa, dengan kata lain merasakan kosong yang sangat. Lebih jelasnya diungungkapkan dalam perumpamaan “sunyi di tengah keramaian”, atau “merasa miskin ditengah berlimpahnya harta”. Mungkin inilah titik dimana orang menyimpulkan bahwa harta itu bukan segalanya, kesenangan dan kepuasan bukan inti, bawhwa apa yang ada di dunia ini hanyalah fana.

Lagi, lagi saya hanya bisa berkata Entahlah.

Beberapa minggu lalu, saya berkunjung ke blog seorang kawan “maya” dalam satu postingannya saya memetik beberapa kalimat seperti ini bunyinya:
“Ada satu hal di dunia ini yang tidak boleh dilupakan. Engkau boleh lupa apapun, kecuali satu hal. Apabila mengingat semua hal lain tetapi melupakan satu hal itu, engkau tidak akan menyelesaikan apapun. Itu seperti seorang raja yang mengirim engkau ke kampung dengan tujuan tertentu. Engkau pergi dan melakukan ratusan tugas lain. Apabila menolak menyelesaikan tugas utama yang untuk itu engaku dikirim berarti engkau tidak melakukan apa-apa” (RuMi). Diambil dari Blog Faizal.

No comments