Powered by Blogger.

WarnaWarni 2009


Tahun 2009, hmhmhm… banyak hal menarik yang tak akan aku lupakan pada tahun ini. Pencapaian, kegagalan, kisah tak terduga sampai yang melow2 juga banyak menghiasi hidupku, semuanya menjadi guru dalam proses pendewasaanku.

Awal tahun dibuka dengan konsentrasi yang setengah2 pada penyelesaian skripsiku, pikiran hanya berkutat pada SKRIPSI dan LULUS kuliah, hahahha… bulan januari aku berhasil menyelesaikan proposal penelitianku, dan ujian pada tanggal 22 Januari 2009. Parahnya setelah ujian proposal aku tidak buru2 menyelesaikan bab penelitianku, dengan dalih “besok saja ah” ternyata “besok” yang aku maksud itu beberapa bulan setelahnya. Yang musti kalian tau, dalam mengerjakan skripsi hal yang paling tabu adalah menunda-nunda, yah kerjakanlah walau hanya satu kalimat perhari karena jika ditinggalkan sedikit saja Mood untuk mengerjakannya biasanya hilang entah kemana dan teramat sangat susah untuk mengembalikannya. Itu menurutkuuu!

Februari adalah bulan paling Menggila bagiku… Pertama aku kehilangan dompet, waktu itu dompetku bukan dompet biasa. Bukan karena dompetnya masih baru dan tampilannya keren tapi karena isinya (lebaaaaaaayyyy hahhaha). Banyak uang didalamnya, mulai dari Gaji, beasiswa, tabungan semua sengaja aku taruh dalam satu tempat karena waktunya membayar rekening, keperluan2 operasional pembuatan skripsiku dan pengurusan berkas2 akhir kampus. Tapi naas, semua lenyap dalam sehari. Dan mulailah aku terhimpit oleh masalah uang. Disisi lain, selang beberapa hari kemudian Ibuku masuk rumah sakit gara2 keguguran. OH GOD Chaam tau ENGKAU tidak kemana-mana. Bulan ini juga aku sibuk lembur dikantor menyelesaikan SUNSET POLICY untuk klien yang aku pegang dari tahun 2001-2006.


Well, ditengah ketidak berdayaanku menghadapi skripsi dan masalah2ku di awal bulan kemarin sebenarnya aku ada hal yang ajaib bisa dibilang konyol. Sebenarnya dimulai pada tanggal 29 Desember 2008, aku membuat sebuah situs semacam forum untuk membahas seorang anak idola cilik yang bernama PATTON OTLIVO LATUPEIRISSA, kenapa begitu? Karena aku suka dengan suara anak itu tatkala dia bernyanyi dan berpuluh2 alasan lainnya. Nah dari forum itulah aku dapat banyak teman baru dan luar biasanya walaupun membicarakan bocah 10 tahun, mayoritas member forum itu sebaya dengan aku bahkan beberapa lebih tua, hahaha… jadinya tidak childish sendiri. Dan jaaauuuhhh, aku larut dalam forum itu. Aku mulai merasakan bagaimana dunia maya itu bukan dunia yang absurd yang dihuni oleh orang2 iseng, karena kami berteman layaknya sahabat dan saudara, tidak lagi hanya lewat chating atau postingan forum tapi lewat telpon dan paling dahsyat bertatap muka. Dan kita lebih akrab lagi lewat problem2 yang menguji kebersamaan kita. Dan yang paling konyol dan terkonyol adalah, karena aku seorang admin di komunitas itu aku dapat keistimewaan (baca gratisan) untuk datang keJakarta menyaksikan final idola cilik Live.

Dan dengan pertimbangan yang benar2 masak dan matang (sama aja cham) pergilah aku ke Jakarta, kota yang begitu dekat tapi asing, kota yang belum pernah sama sekali aku pijak, dan terparah kota yang tak ada sama sekali sanak familiku bermukim. Aku pergi dengan sepenuhnya rasa percaya pada sahabat2 baruku, meninggalkan potongan skripsiku. Hahahha… dan ternyata disana menyenangkan, bukan karena nonton Livenya tapi animo teman2ku ketika aku tiba disana. Selama 4hari tidak ada kata terlantar atau aku bengong sendiri, malah 4hari itu terasa kurang. Hahahha, KONYOOOLLLLL!

Setelah semua yang ajaib2 dari hidupku terjadi, barulah pada bulan april-mei aku kembali menekuni skripsiku. Berkutat pada pengolahan data, mulai banyak bolos dikantor, sering keluar masuk perpus, maniak wi-fi. Sempat terpikir untuk merombak semua isi proposalku ketika aku benar2 buntu untuk melanjutkan, banyaklah. Aku juga sedikit jauh dari orang2 sekitarku, benar2 menghabiskan waktu dengan diriku sendiri sesekali sama Leptop. Diforum yang aku sebut tadi juga aku sedikit menarik diri.


Juni, Oh GOD… usiaku 23tahun pada tanggal 27 Juni tentunya. Dan yang paling menyenangkan pada tanggal itu juga aku ada dalam perjalanan menuju TANAH TORAJA, daerah wisata di SulSel yang amat eksotik. Ini sih namanya dreams come true, aku ke Toraja beserta rombongan kantor selama 3hari dalam rangka mengikuti upacara kematian salah satu keluarga dari bossku, upacara paling sakral disana. Selain ikut upacara kematian itu secara keseluruhan, aku juga jalan2 dibeberapa daerah wisata disana. Asyiiiklah pokoknya, hadiah ulang tahun TAK TERLUPAKAN. Special thanks bwat my boss Blasius Mangande.

Dan yang tak terduga adalah, sepulang dari liburan terdengar kabar jadwal ujian akhir untuk wisuda bulan september mepet. Dengan kata lain, minggu ketiga bulan juli ada jadwal ujian meja. Serasa ada kilat menyambar2 (yg ini sedikit lebay) karena finishing skripsiku belum tuntas. Okelah data sudah aku kumpulkan, tapi belom ada penjelasan. Jadinya ribet sendiri, eiittss… tidak sendiri bikin ribet Fatma juga sobatku dari SMU yang ikut mengerjakan skripiku bagian olah datanya. Hampir tiap malam aku kerumahnya, dan alhamdulillah atas doa2 orang2 yang sayang sama aku, skripsiku selesai, tak ada halangan juga saat minta ACC dari pembimbing. Mulusssss, dan tanggal 23 Juli 2009 aku bisa ikut ujian. LULUS dg nilai A. hahahha, yiipppiieeeeee…! Lega rasanya jadi sarjana, walau belum wisuda… kan cuman ceremonial saja. Yang penting bebaslah dari ikatan selama kurang lebih nyaris 5 tahun ini. Setidaknya sedikit modal untuk masuk ke dunia baru, beban makin berat oooyyyy!

Agustus kmarin juga tak kalah menarik, sembari menunggu waktu wisuda datang aku ada tugas/dinas keluar kota dari kantor. Kantorku dapat tugas meng-AUDIT dana kampanye pemilihan pilpress kemarin untuk tim sukses JK-WIN daerah sulsel, sebanyak 23 kabupaten dan 1 propinsi. Aku dapat tim ke daerah selatan, mulai dari kabupaten Jeneponto-Bantaeng-Bulukumba-Sinjai-Selayar, dan aku sendiri bertanggungjawab didaerah Bantaeng. Ini sih namanya pulang kampung Gratisss, selalu senang kalau ke daerah BANTAENG, ohhh I Love My Bantaeng. Hahahha.. dan tentunya banyak pengalaman berharga selama perjalanan dinas ini, untuk pertama kali ketemu dan berbincang layaknya wartawan sama orang2 penting di daerah2.



Triple nine, tapi aku menyebutnya Ninethings… apa itu? Yah itu hari bersejarah, aku wisuda pada tanggal 090909 (09 September 2009) hahha, bukan hanya bersejarah juga sih tapi lebih menyenangkan. Bukan hanya persoalan wisudanya, tapi pada tanggal itu juga dirumahku diadakan acara syukuran jadi keluargaku berkumpul, banyak ponakan gitulooohhh… senanglah pokoknya.

Dan dimulailah bulan2 dimana aku tak ubahnya seperti pengangguran terselubung, sept,okt,nov,des… malas banget. Malah setelah sarjana aku jadi bingung mau dan musti bagaimana, dikantor juga tak ada lagi kerjaan. Inilah konsekuensi kerja diperusahaan yang tak padat aktivitas, paling beberapa orang yang sibuk, aku sendiri tidak paling sebulan sekali aku lapor pajak klienku itu saja. Nyaris bosan sih, untungnya aku tak sendiri beberapa orang juga sperti itu. Untungnya waktu lebaran aku pulang kampung, yahhhh liburan juga sih sifatnya… gmana caranya biar bisa refreshing yang benar2 fresh!

Bulan November ijazahku keluar, sempurnalah aku sebagai seorang sarjana dan dimulailah petualanganku mencari kerja. Hahahha, yah… tapi aku blum pake banyak sih, hanya di pake bwat lamar jadi pegawai negri sipil di pemkab Bantaeng. Hahhaha… aku juga sempat masukkan lamaran di Haji kalla tempatku dulu KKN, cuman gantung blom ada jawaban pasti diterima/ditolak. Selain itu aku juga nyoba2 daftar di Bpk, sudah ikut tesnya akhir november kemarin yah mungkin pengumumannya awal januari dilanjutkan dengan psikotes. Disinilah, aku mrasakan energiiii... benar2 memerlukan invisible hand, sang maha pemberi rejeki. Aku merasakan yang namanya gagal, kadang juga mrasa makin kerdil dan perasaan2 buruk lainnya tentang diriku. Yah, mungkin aku musti perbaiki niat dulu. Menyelesaikan kewajiban2 yang belum, dan tentunya bertanggungjawab dikantor yang sekarang (itu dulu) sebelum pintu rejekiku yang lebih luas dibuka. Tapi apapun yang telah terjadi, ini bagian dari 2009ku, sesuatu yang harus aku tinggalkan untuk menjemput 2010. Akan tetap ada di ingatanku untuk mengingatkanku ketika aku terjebak masalah yang sama.

Dan jauh lebih banyak lagi kejadian2 luar biasa, but 2009 Case close! Untuk kedepannya, aku tak begitu muluk2… MENJADI LEBIH BAIK, JAAUUUH LEBIIIHHHH BAIK LAGI. 2010, tak sabar aku membukamu ada kejutan apa lagi yah?

Happy neeeeeeeeewwwwwwwwwwww yeeeeeeeeeeaaaaaaaaaaaaarrrrrrrr!!!

No comments