Powered by Blogger.

First KOPDAR with DAENGKOPS (Makassar Koprol-ers)


Sore itu hujan deras tengah mengguyur kota Makassar, saat saya sedang mempersiapkan segala sesuatu yang akan saya bawa nanti di acara yang akan saya datangi, acara yang sudah lama menjadi rencana saya di bulan Ramadhan ini, berkunjung ke Panti Asuhan. Hal yang menjadi ritual tahunan saya di kampus dulu, *akh jadi rinduuu* tapi siapa yang tahu jika jodoh saya ke tempat tersebut pada tahun ini adalah bersama orang2 yang saya tak tahu bentuk rupanya dan tingkah lakunya, orang2 yang baru dalam 2 hari sebelumnya sering saling berkomentar setelah saya terdampar di jejaring sosial yang pun masih asing ditelinga saya, KOPROL. Kalian tahu Koprol? Please check this Link… ! saya juga masih belajar ^-^

Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya ada di KOPROL itu nyasar dan singkat cerita, saya akhirnya memutuskan untuk ikut Kopdar bersama teman2 komunitas Koprol Makassar dihari kedua saya menggunakan akun saya (thanks to @comph3ng bwat ajakannya), mereka menyebut dirinya DAENGKOPS. Kebetulan jadwal kopdarnya itu di Panti Asuhan Jannatul Ma’wa lumayan dekat dari tempatku dan hari minggu pula, kalau hanya persoalan saya tak mengenal siapa2 saya tak ambil pusing dululah saya terlanjur interest dengan tema acara kopdar ke-6 mereka, Bakti sosial.

Tapi ternyata saya tak sendiri, siang harinya dihari-H KandiLo *sahabat SMP18 saya* kirim SMS berniat menagih janji traktiran. Hmm... “tidak untuk hari ini, karena saya mau bukpus di Panti” kurang lebih begitu jawaban saya, alhasil dia menyatakan diri “mau ikuuut” ternyata dia juga sedang cari teman untuk bisa mendatangi panti. Akh, Tuhan memang maha mengatur sayaang, dan finally Saya ada temannya… Yesss!

Pukul 15:00 wita, seperti rencana sebelumnya anak2 Daengkops sudah ada untuk shalat Ashar berjamaah sekaligus breefing di Mesjid Raya Makassar. Saya malah berangkat dari rumah tepat pada pukul 15:30, rencananya mau ikut breefing saja plus kenalan biar di lokasi tidak terlalu keki. Tapi sayang, semua berantakan, kalo kata @afree “ini gara2 hujan” hahahay… yah mungkin sih, sampai pukul 16:30 kita masih ada dan terpencar2 di Masjid Raya. Untung saya cepat ketemu @afree dan @evrii di pintu utara mesjid raya jadi tak begitu lama merasa tersasar bersama @kandilo, itu saja saya sudah merasa MAU PROTESS karena masalah koordinasi tempat kumpul tak ada pada satu titik yang pasti ada yang di panti, ada yang di pintu selatan, ada yang dalam masjid dll. Tapi lupakanlah… namanya juga hujan, yo toh @afree ? *peaceee!*


Pukul 16:45, kita sudah terkumpul… seruuuu, karena walaupun hujan2 tetap banyak yang datang. Rasa mau protesnya jadi hilang berganti menjadi rasa mau kenalan, hehehe. Karena lokasi panti dekat dari Mesjid Raya, kita jalan2 sore menuju panti. Lagi pula hujan cukup bersahabat berjalan bebas dibawahnya. Sampai panti, anak2 cowok yang entah siapa mereka memasang spanduk. Yang cewe2 biasalah urusan mensejahterahkan lambung tengah. Kira2 pukul 17:00, acara dimulai dan dibuka oleh bang @mukmin. Lokasi acara tepatnya berada di Mushalla Panti Asuhan Jannatul Ma’wah Lt.2

Acara pertama di isi dengan tausiah bapak … dari panti, tentang isinya *maaf saya kurang menyimak* saya sibuk jepret2 situasi2 yg bagi saya seru untuk direkam. Ceramah agamanya hanya berlangsung sekitar 15menit, setelahnya acara diambil alih oleh mbak @twee untuk memperkenalkan KOPROL dan @daengkops itu sendiri pada anak2 panti. Waktu tersisa tinggal 15 menit menjelang buka puasa, acara selanjutnya GAMES yang sebelumnya telah dibicarakan via koprol semenjak dua hari yang lalu. Gamesnya adalah menggambar wajah teman sendiri. Semua anak2 panti duduk saling hadap2an pun begitu dengan mereka anak2 daengkops. Semua harus menggambar wajah teman di depannya dengan menutup mata. Wuiih seruuu…

 

Dan pukul 18: 10, waktunya berbuka……………… “allahumma lakasumtu wabika amantu wa’ala rizqiqqa aftartu birahmatika ya arhamarrahimiiin” adakah yang lebih nikmat dari bukanya orang yang berpuasa?


Setelah buka puasa selesai, anak2 menyegerakan untuk shalat Magrib berjama’ah. Saya dan @kandilo sedang tidak shalat makanya kami menyempatkan waktu mengelilingi panti ditemani oleh fitri. (saya kagum sama cewek cantik satu ini, biar kata hidup dipanti dan jauh dari keluarga dia punya cita2 dan motovasi yang sangat tinggi… “saya masuk sekolah jurusan pariwisata karena saya mau ke Jepang kak” itu yang dia katakan pada saya). Well, setelah berkeliling2 dan berbaur dengan anak2 panti di dalam kamar mereka, yang bisa saya tangkap bahwa mereka menikmati hidup mereka sekarang, sebagian dari mereka malah berasal dari keluarga utuh yang ayah ibunya ada di kampung tapi tetap memilih untuk tinggal dan besar di Panti. Usia termuda yang ada di panti berumur sekitar 14 tahun atau sekitar 3SMP, pantas tak ada anak kecil yang saya lihat disini. Diantara mereka ada juga yang sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi, hmm… mantaplah. Dan tahukah kalian kalau kecerdasan seseorang bisa dinilai sedikit dari cara mereka berkomunikasi? Mereka berani bercakap sambil menatap mata saya… dan menjawab semua pertanyaan2 saya dengan percaya diri. Yah walau ada satu dua orang yang pergi menjauh ketika saya mendekatinya.

Next… abis shalat waktunya makan malam. Nyam nyam nyam, lets see the menu… ada nasi, telur, mie dan ayam. So yummieeee…!


Sepertinya makan malam adalah acara puncak kebersamaan dengan anak panti, setelah makan kita berberes2 trus foto2 lagi lagi dan lagi… dan setelah foto plus serah terima bingkisan dari @afree forum bubar anak2 panti masuk ke kamar mereka masing2 sembari menunggu azan Isya. Sementara diwaktu bersamaan ada kunjungan kehormatan dari teman2 Bloggers (AM & Pesta Blogger 2010). Acara yang tadinya segera berakhir malah menjadi forum *mirip* tudang sipulung untuk saling berkenalan satu sama lain lagi, mantap mbak @ntan dan @rara79, timing datangnya Passss… !


Dan cerita saya pun berakhir… saya sudah harus pamit duluan karena ada janji yang harus di tepati, saya meninggalkan forum setelah berpamitan sama @diladiladila dan mbak @twee. Huhu, senang rasanya bisa bergabung dengan teman2 @daengkops hari ini… next Kopdar saya diajak lagi yooo! Dan maaf blum bisa berkenalan dengan semuanya, waktu sangat terbatas. Dan buat dirimu cewek manis yang dari datang sampai mau pulang tuang2 Es buah kedalam gelas terus, salam kenal sist… maap saya melupakan akun/namamu.

6 comments

  1. dokumentasi yang bagus bu.!!! :)
    saya link blog nya ya? :)

    ReplyDelete
  2. silahkan... thanks dah mampir dan baca2

    Salam Koprol :)

    ReplyDelete
  3. wahahah maafkan daku telat :( ada sesuatu yang harus diurus dulu sebelumnya.

    ReplyDelete
  4. hihi, mba'rara udah keren itu dah datang. top markotopppp....

    indonesia, fadhil... thanks yoo dah baca2

    ReplyDelete