Powered by Blogger.

Paa: Kisah Hidup Anak Penderita Pregoria


Beberapa hari yang lalu saya menonton sebuah film yang secara random saya temukan di rak Ultra Disc di daerah Cendrawasih, hmmm… judulnya sangat simple Paa, Film Boolywood yang disutradarai oleh Rajkumar Inrani Seperti yang kita ketahui Abhisekh adalah putra dari Amitabachan tapi dalam film ini justru terbalik, justru Abhisekh berperan sebagai ayah dari Mr. Amitabachan yang berperan sebagai tokoh sentral dalam film ini Auro, seorang anak penderita Pregoria.

Alur cerita dibuat tak begitu rumit tapi tetap menarik, adalah sepasang muda mudi Amol Arte (Abhisekh Bachan) dan Vidya (Vidya Balan) yang merantau keluar negeri untuk menuntut ilmu mengejar cita-cita mereka. Kemudian sutradara mempertemukan mereka melalui accident tabrakan di satu ujung jalan, maka berkenalanlah mereka, saling mengagumilah mereka dan bercintalah mereka, prosesnya sangat cepat, karena hanya divisualisasikan dalam satu lagu. Setelah lagu berakhir, Vidya tiba2 hamil dan mempertanyakan komitmen Amol. Cita-cita besar Amol menjadi seorang Politikus yang hebat dan membuat dia membujuk Vidya menggugurkan kandungannya saja, vidya menolak dan pergi. Tidak ada air mata… Vidya hanya menangis saat mengakui kekhilafannya di depan ibundanya. Akhh, dua perempuan ini dibentuk sangat “kuat” oleh sang sutradara. Waktu pun bergulir, Vidya menjadi seorang dokter kandungan, dia melahirkan dan Amol menjadi perdana menteri di India. Hmmm… perfect bukan.

Sayang setelah usia satu tahun Auro memperlihatkan gejala kelainan genetika, dia terjangkit penyakit Pregoria, dimana penyakit ini membuat si penderita akan tampak 4-7kali lebih tua dari usia normalnya. Umumnya anak penderita penyakit ini hanya berusia sampai 13-14 tahun saja, yah paling lama ada yang sampai 20 tahun. Hmmm… oh iyya, penyakit ini bukan penyakit turunan, penyakit ini muncul secara sporadik, dalam artian bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja.

Dan yang mengharukan, Vidya tetap saja mengurus dan membesarkan Auro dengan kasih sayangnya, tak ada sedikitpun penyesalan masa lalu di setiap belaiannya, dia banyak berkorban demi kebaikan Auro, makanannya hambar, dan dia pun melakukan apa saja yang sebenarnya menjadi pantangan untuk Auro “Then why this unnecessary sacrifice all the time for me?” Kata Auro pada ibunya disuatu malam…

Selanjutnya, sutradara akan menciptakan banyak intrik dan kejadian2 yang mengandung quote-quote keren hingga pada akhirnya mempertemukan Auro, Amol dan Vidya saat umur Auro menginjak 14tahun… yah awalnya Vidya bersikeras tak mau membuka hatinya lagi untuk Amol. tapi demi, Auro. Mereka kembali bersatu. “Around-around” adalah permintaan terakhir Auro. Merujuk kepada upacara pernikahan adat India, dimana sang penganting saling bergandengan mengitari api suci sebanyak 7kali. Mereka tak berputar di hadapan api suci, tapi di depan tubuh Auro yang terbujur kaku menanti ajal. Auro meninggal, dan filem selesai pemirsa *hiiikkkkssssss….

Ayooo, di tonton film ini… sangat recommended!!!!! I give 3 starss for the rating^^

2 comments

  1. Kayaknya bagus... ^^
    kapan2 DL aahh....

    ReplyDelete
  2. @kacho serius bagus, DL nd rugi deh :D

    ReplyDelete