Powered by Blogger.

Seminar Sehari Bersama Onliner Makassar


Okedeh langsung saja, Sabtu – 02 April 2011 m erupakan acara yang lumayan saya nanti semenjak bulan Maret kemarin. Pada hari ini diselenggarakan Seminar Online Media Citizen Journlism & Entrepreneurship kerjasama Detikcom dan Telkomsel, dengan menghadirkan pembicara dari Detikcom, Telkomsel dan Onliner sukses. Kalau saya sendiri bisa berada di sana karena mengisi 50 kuota khusus yang disediakan Detikcom untuk warga Anging Mammiri (Komunitas Blog Makassar), Thanks to AM. sebenarnya sebelum sampai dilokasi, saya membayangkan peserta seminar ini tak begitu banyak dan ternyata surpriseeeee, ballroom hotel Horizon pagi itu sudah sesak dengan tamu seminar. Padahal saya datang belum begitu terlambat, luar biasa sambutan Makassar untuk acara ini adapun Makassar adalah kota terakhir setelah 6 kota penyelenggara. Entah bagaimana antusias kota2 lainnya, yang saya tahu yah Makassar itu Luar Biassaaaa!

Sebenarnya ada 3 Variable penting yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga acara ini diminati banyak orang: 1) Jurnalisme, mungkin ini sebab banyak orang2 media yang ikut serta. Utamanya teman2 dari penerbitan kampus, radio kampus, teman-teman dari jurusan komunikasi UNHAS dll… yang datang bersama rombongan, beberapa diantaranya masih ada yang saya kenali. Maklumlah, kami sudah beda generasi. 2) Entrepreneurship, mungkin juga banyak yang datang ke acara ini karena embel2 ini. Berharap mendapatkan tips biar jadi jutawan, seperti Asri Tadda yang memanfaatkan Blog Adsense ataukah seperti Raditya Dika yang mem-buku-kan tulisan2nya diBlog. Hahhaa, saya cuman asal nebak, karena sejauh saya jumping di internet orang-orang mulai berlomba menghasilkan pundi-pundi lewat tuyul2 yang berkeliaran di dunia maya, dengan berbagai cara. Walau sebenarnya saya sedikit tidak nyaman memasuki blog pribadi yang membahas hal-hal pribadi tapi penuh dengan iklan. Dan jujur saja, inilah bargaining utama yang menarik minat saya. hehehe. 3) Onliner Sukses a.k.a Raditya Dika sebagai pembicara, acara ini pun di penuhi dengan Radivers (atau Dikavers yak? Whatever!) dan cewe-cewe abegeh itu… cckckckc. Saya pun… ckckckckc, kami menyatu dalam tawa yang bukan main saat dika memperolok sesuatu/seseorang yang entah fiksi atau nyata. “semoga tawa kami bukan sesuatu yang berlebihan ya Allah”

Acara ini secara berturut-turut diisi oleh empat pembicara dengan agenda coffebreak ditengah-tengahnya. Pembicara pertama adalah bapak Andry, beliau adalah orang dari Detikcom yang memperkenalkan kami mengeni Portal-LoKal. Dimana, dari detikcom disediakan semacam ruang untuk menjadi reporter di lingkungan kita sendiri entah itu membahas kuliner, wisata, perayaan ataukah berita yang sifatnya actual yang terjadi disekitar kita. Adapun perkembangan situs itu akan diawasi oleh detik dan jika berkembang ujung-ujungnya akan mendatangkan keuntungan untuk kita sendiri. Kalau mau tau lebih jelas materinya bisa di download di sini => http://de.tk/portallokal.

Pembicara kedua diisi oleh Om Budiono Darsono, adapun beliau adalah founder Detik com. Ah orangnya asli ramaaaah, dan jawa’ banget. Saya sukaaaa sama Om deh. Hehehe. Om yang hanya suka di panggil dengan sebutan BDI (be de i) ini membahas tentang asal usul berdirinya Detikcom hingga bisa bernilai miliaran sekarang ini. Dan kembali lagi, semua hanyalah iseng-iseng belaka yang berujung pada keberuntungan, kekayaan materi dan popularitas. Dengan menggunakan prinsip ATM (Amati Tiru dan Modifikasi), BDI mampu mengembangkan situs yang dikelolanya itu sampai seperti sekarang ini. Berita yang disajikannya real time, detik per detik. Luar biasa! Saya suka bertemu dengan orang-orang hebat, walau saya hanya sekedar duduk, diam, mendengar dan menatap. Rasanya seperti saya menemukan kembali puing-puing motivasi saya yang jatuh berserakan.

Pembicara ketiga, di-isi oleh orang dari Telkomsel sebagai sponsor utama acara ini yang diwakili oleh Bapak Ricardo Indra. Yah, walau saya menggunakan provider ini, saya tak ingin berbicara banyak tentang konten2 pembicaraan beliau yang isinya “iklan” banget, hahaha… Sekip ahhh!


Dan inilah diaaaa, pembicara yang paling dinaanti-nanti 50% bahkan 80% dari peserta seminar, Raditya Dikaaaaaaa. Hueeeek! Dika berbicara lagi-lagi tentang pengalaman sukses dia yang awalnya hanya seorang blogger, penulis diary yang akhirnya menemukan jalan menuju kesuksesan seperti apa yang jalani sekarang-sekarang ini. Saya pribadi cukup kagum dengan dika ini, karena dalam situasi apapun sesuatu itu bisa berisi cerita lucu ketika diungkapkan olehnya baik itu lewat Buku, blog atau twitternya. Mungkin itulah maksud dia menitik beratkan pada Perspektif, dalam pembahasannya kali ini. Ada banyak ribuan orang yang punya blog/FB/twitter dan menceritakan mungkin tentang hal yang sama, kejadian sehari-hari. Tetapi, jika kita bisa melihat dan menyampaikan dari perspektif lain tentang kejadian itu maka hal itulah yang istimewa dan menjadi cirri khas anda. Akhhh, kurang lebih begitulah kata-kata dika tadi. Manis bukan?!

Dika berhasil mengguncang perut dan perasaan saya selama lebih satu jam, dan tepuk tangan untuk kemampuannya memusatkan perhatian peserta hanya tertuju kepadanya. Hahaha, jujur setelah saya amati, dari semua pembicara ya memang hanya dika yang diperhatikan oleh semua. Tadi saja ada yang main game depan saya waktu mas Andry bawa materi, atau waktu Om BDI berbicara malah ada yang sibuk mondar mandir ke WC, atau keluar ruangan. Dan waktu Mas Ricardo Indra pun sibuk promo telkomsel malah sayanya yang sibuk nelpon/sms2an sama teman dikantor, hahaha… Uppppsssss, baru ingat hari ini saya Izin tak masuk kantor karena ikut seminar ini. Maap ya Boss, maklum anak buahmu ini perlu dicharge^^


*dan inilah saya bersama teman2 dari koprol, @nadyeah, @diladiladila and temannya dila^^


11 comments

  1. ternyata seorang cyaam ngefans juga ama raditya dika,

    emang tuh mbak, dika orangnya renyah banget (kerupuk?), dan saya yakin bukan karena seminarnya nya mbak bolos ngantor, tapi karena dika nya..

    (mengakulah) -_-"

    ReplyDelete
  2. Huuuuuuuuuuussssssss (jangan ribut) entar ada orang kantor yang baca lagi. hihihi ^^

    gak lah, saya gak gila artis, cukup twitternya aja yg di follow. saya murni buat nyari ilmu, ini jujur. sungguh :)

    ReplyDelete
  3. kalau gitu untuk kesekian kali mbak berhasil buat saya ngiri,

    kan jadi pengen makan snacknya, ups ikut seminarnya maksud saya

    :p

    ReplyDelete
  4. hahahahaha, bilang aja pengen ketemu raditya dikanya. asli yah sepangjang acara saya dibikin ngakak tak karuan, dia itu gilaaaa gilaaaa gilaaaa !!!

    belum pernah ketemuan kan? kasian deh *panas-panasin

    ReplyDelete
  5. hahahha.... sabar... sabarrrr

    ReplyDelete
  6. seru banget acaranya..
    ketahuan nih,hadir karena Dika,hehe

    ReplyDelete
  7. jiah, gaklah, bukan dika kesian..

    ReplyDelete
  8. hm hm, dicka tu emang g'ada matinya ya.
    seru sekali acara kayak gini, bermanfaat sekaligus menyenangkan :)

    ReplyDelete
  9. @mas Goen: halo mas goen, lama tidak berkunjung ke blog sayah :D

    @ash: benar bangeeeet, dika gokil binti kereeeen. hehehe. btw blogmu kereeeen

    ReplyDelete