Powered by Blogger.

Belitongtrip #12; Tanjung Kelayang – Belitung Utara

Setelah mengunjungi daerah yang menjadi titik-titik penting dalam cerita Laskar pelangi di hari kedua, saatnya untuk basah-basahan dihari ketiga, ayeeeeey! Agenda hari ini adalah islands hopping, mengunjungi beberapa pulau cantik yang tersebar disepanjang Belitung Utara. Hari ketiga ini adalah hari yang paling dinanti-nanti oleh sebagian rombongan Kaki Gatel.

Minggu - 30 Oktober 2011, sekitar pukul tujuh kami bersiap untuk meninggalkan Tanjung Tinggi tempat kami camping semalam menuju Tanjung Kelayang. Jarak antara Tanjung Tinggi menuju Tanjung Kelayang memakan waktu sekitar 30 menit, mungkin karena begitu bersemangat waktu tak terasa tiba-tiba kami sudah sampai saja di Tanjung Kelayang.


Waktunya sarapan pagi, yeyy… kami singgah di warung pinggir jalan tepat diseberang tanjung kelayang. Diwarung ini kami sebagian makan nasi goreng yang dibuat oleh ibu yang punya warung, sebagian cuman ngemil kue basah yang dijajakan di warung. Nasi gorengnya enak, walau penampakannya tidak seperti nasi goreng di café atau resto di kota-kota. Belum lagi kerupuk ikannya, yang disuguhkan dan boleh dimakan sesuka hati. Waktu meninggalkan warung ini bahkan si Ibu membungkuskan semua kerupuk yang ada di toples besarnya, buat bekal katanya. Wuiihhhh… terimakasih buuu.

Sarapan selesai, dan kami menuju dermaga tempat kapal-kapal menanti penumpangnya. Kesan saat tiba di Tanjung kelayang ini, ramai… selain rombongan kami, banyak rombongan lain yang juga siap untuk berlayar menjelajahi pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang tersebar di utara pulau Belitung. Disepanjang Tanjung Kelayang ini kita tidak akan menemukan batu granit besar seperti di daerah-daerah lainnya, tapi setelah kita berlayar sekitar 100 meter dari pantai barulah kita akan menemukan Bentuk pulau granit yang mirip seperti burung. Itulah yang menyebabkan tempat ini dinamakan Tanjung Kelayang (Kelayang adalah salah satu nama jenis burung yang banyak dijumpai di sana). Ukuran dari pulau kecil itu kira-kira 50m persegi.


Setelah kami menemukan perahu yang akan kami tumpangi yang sebelumnya telah di booking oleh bang Arta, kami mempersiapkan segala sesuatunya. Pertama, Live Jacket… yuhuuu, saya sengaja memilih ukuran yang lebih kecil tapi pas dibadan tujuannya agar saat dalam air nanti live jacket ini bisa tetap melekat sempurna dibadan. Kedua, Snorkle gear… sebenarnya saya tidak berniat untuk snorkeling tapi dalam hati sempat terbersit dorongan “jauh-jauh ke Belitung buat apa kalau panorama bawah lautnya tak saya nikmati, belum tentu pas saya jago berenang saya bisa kembali kesini” hahaha, iyalah… walau tak jago renang setidaknya saya masih punya nyali. Oke, saya mengambil satu set snorkel gear itu dan mengambil vin/sepatu katak ukuran 38. Lengkap sudah! Ketiga, setelah alat2nya lengkap waktunya mengisi air dalam botol-botol aqua dan mencampurkannya dengan Holly powder (serbuk warna-warni). Rencananya kita akan bermain Holly Colour disalah satu pulau yang akan kami kunjungi.


Foto Punya Syam dan Kaki Gatel dan Teguh Prasetyo

Didepan kami ada 2 boat yang akan di pakai, satu itu untuk penumpang lebih dari 15 orang dan satunya lagi hanya untuk 8 orang. Saya dan teman-teman dari mobil avanza Hitam memilih untuk menumpangi kapal kecil, anggap saja team kami ini tim paling kompak. Ditambah Bayu dan Abduh, plus bapak yang menjalankan kapalnya… Waktunya berlayar!


Subhanallah… subhanallah… subhanallah… Belitung memang harta karun terpendam. Sepanjang pelayaran saya tak hentinya mengagumi panorama yang disuguhkan. Awan-awan yang bebas bermain dan berkumpul satu sama lain, langit biru yang benar-benar membiru ditambah permukaan air yang jernih menghijau. Dibeberapa titik terdapat batu-batu granit yang berkumpul, tak banyak tapi sangat memancing perhatian. Salah satunya Pulau kecil bernama Pulau kepala Burung, terdapat beberapa batu-batu kecil yang menyerupai kepala burung. Sempurna! Sebelumnya saya tak pernah melihat pemandangan seperti ini. aaarrrrrgggghhhh speechless saya!

Dalam pelayaran ini, waktu terasa berhenti bagi saya… tak pula ada jarak, yang ada hanya keindahan. Jadi postingan kali ini saya hanya menyuguhkan cerita tanpa ikatan waktu. Ahahaha, apacobaaaa!

Bersambung...

19 comments

  1. mbak sampeyan enak banget jalan2 kemana2, emang kerja dimana mbak?

    ReplyDelete
  2. @ 21 Inchies: yah, kalau jalan-jalan mah bukan perkara kerjanya dimana. kalau emang niat pastilah akan selau ada jalan. ya toooh :)

    ReplyDelete
  3. keren-keren...
    kapan-kapan ajakin dong mbak..,

    iya setuju sama pertanyaannya 21inchs, bukan orang sembarangan yang bisa jalan2 kma2., penasaran aku mbak..,
    boleh tau enggak?

    ReplyDelete
  4. @ Herry: ngajakin gimana? hahaha... sy mah numpang nebeng di trip komunitas yang tersebar di seantero jagat maya. tinggal join, ya beres... musti punya modal sendiri juga.

    Pertama: Bermimpilah! tentukan tempat-tempat yang ingin kau kunjungi, beri sugesti positif dalam hatimu bawa kau akan kesana.

    Kedua: Nabung! sedikit demi sedikit pasti adalah yang bisa terkumpul.

    sisanya yah tinggal nyari temen sehobby :)

    ReplyDelete
  5. Wahhh...indahhh bangettt viewnyaaa!!!
    Pengen kesana. Pengen. Mupeeeeenggg!!. (≧◡≦)
    Poker harus punya mimpi Keke sana. Suatu saat aku pasti ke sana! ╰(⌒.⌒) ╮

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah...
    syaammmm!!! yang diving tuh~ keren banget!!! te-ou-pe begete!!

    *ngiri kuadrat, hiks

    ReplyDelete
  7. batu granit, semua biru (langit, laut)...esai fotonya (seolah2) tak ingin beranjak untuk trus dibaca

    catatan yang mengesankan mbak syam

    ReplyDelete
  8. kereen euyyy........ birunya mantaappppp, enak yaaaa bisa jalan-jalan....

    hahaha.. bacaan ini tidak cocok buat orang yang terpenjara, karena akan menimbulkan iri seiri-irinya hahahhaha...

    ReplyDelete
  9. @ Maya : hooh... sy juga dibikin iri sm mereka. btw, mreka itu tidak sedang melakukan diving mbak tapi snorkeling. terumbu Karangnya nd dalam amat kok

    @ Kak Patta: Terimakasih :)

    @ Sam : ahahahahha... ada-ada saja :p

    ReplyDelete
  10. aku lagi ngumpulin duit mba buat travelling ke berbagai tempat di indonesia,doain aja semoga tercapai ya dalam tahu depan,amien

    ReplyDelete
  11. duh enaknya yang bisa jalan jalan bareng...

    Kamu Blogger...? Yuk Ikutan Event Untuk Blogger Berhadiah Blakberry Playbook Berakhir 23 Desember 2011 KLIK -->
    http://www.streetdirectory.co.id/sdi/

    ReplyDelete
  12. duh bikin ngiri perjalanannya. seru. asik. pemandangannya indah. ternyata belitung itu bener2 indah ya. andrea hirata pinter melukiskannya dalam sastra. dan ruamh matahari pintar meramunya dalam blog.

    ReplyDelete
  13. Gimana kalo bungee jumping dari mercusuar itu? :D

    ReplyDelete
  14. subhanallah, tempat yang indah dan cerita perjalanan yang penuh memory menyenangkan...berharap juga bisa berkunjung ke tempat ini...suatu hari nanti, insya Allah :)

    ReplyDelete
  15. Bikin ngiriy aja deh ya...
    tapi sebenarnya perjalanan di sekitar kita kalo didokumentasikan/difoto juga bagus-bagus kok.
    Tunggu aja di blog-ku,
    tunggu entah sampai kapan.

    ReplyDelete
  16. waaahhh,, indah banget >___<

    ReplyDelete
  17. wah pasti seru ya disana..
    kira2 kapan saya bisa kesana? hehe (mengharap --")

    ReplyDelete
  18. baru tau ada yg namanya pulau babi :)) cupu banget nih pengetahuan ucil.
    cyam bagus2 cyam :D, pulau lengkuas pengen cyam pengen

    ReplyDelete