Powered by Blogger.

Batal ke Jogja


Satu minggu yang lalu saya mendapatkan informasi dari seorang kawan tentang promo tiket yang diselenggarakan oleh salah satu maskapai, Merpati. Kata teman saya lewat SMSnya itu Merpati menawarkan tiket pesawat seharga Rp. 149.000,- untuk semua rute, periode booking sampai 30 November untuk travel periode Januari-Maret 2012. Dan saya benar-benar tertarik!

Tanpa berfikir panjang saya langsung minta untuk dibookingkan tiket tujuan Makassar - Jogja - Makassar. Kenapa Jogja? Yah harus jogja! Saya sudah merencanakan di tahun 2012 nanti saya sudah harus menapakkan kaki di tanah Jogja, kota yang menyimpan begitu banyak rasa penasaran dalam diri saya. Jogja adalah kota impian saya, dari dulu hingga sekarang. Hanya memang saya belum berjodoh kesana. Yah, kalau dapat jodoh orang sana juga gak papalah biar saya bisa sering-sering ke Jogja. Hahaha!

Nama teman saya itu Ratih, saya biasa memanggilnya Rep dia teman kuliah saya. sebenarnya saya dan Rep pernah merencanakan satu liburan nun jauh disana ditahun 2012, maka itu ketika dia mendapat informasi tiket murah langsung saja dia menghubungi saya. Saya memesan satu tiket dia pun memesan satu, dan kemudian terbersit satu ide cemerlang dalam benak saya, kenapa tidak saya tak mengajak teman-teman kuliah saya lebih banyak kan sekalian jadi ajang reunian setelah lulus-lulusan dua/tiga tahun lalu. Jadilah Rep menunda untuk booking tiket, kami mulai berhitung berapa kira-kira tiket yang pasti akan kami pesan.

Dihari yang sama, saya mulai menyusun itenary untuk liburan ke Jogja dalam waktu 3 Hari 2 Malam. Rencananya itu kami akan berangkat pada tanggal pada hari jumat malam (09/03/12) dan pulang pada hari Minggu sore (11/03/12). Setelah menyusun tanggal pastinya, saya mulai menjelajah di beberapa akun social media saya untuk menawarkan paket liburan murah dan menyenangkan pada teman-teman kuliah dulu. lewat Yahoo Mesenger, saya mendapat kabar positif dari Neni. Lewat Whatsapp messenger Odhani pun konfirmasi positif, ingin ikut. Dan satu lagi fuad teman kuliah yang juga satu kantor dengan saya, tanpa pikir panjang mengiyakan rencana liburan ini. jadi total kami ada 6 orang (Rep mengajak satu teman juga). Tapi saya masih tetap minta satu hari lagi untuk menjaring lebih banyak teman, rencananya saya ingin membuat invitasi di Group angkatan kami. Ahhh, akhirnya saya ke Jogja jugaaaaa! - saya membatin.

Esok harinya, saya dapat SMS lagi dari Rep. Kabar buruk katanya, ternyata tiket tujuan Makassar-Jogja dan Jogja - Makassar full book! Saya pun dilanda panik, bayangan saya bulan Maret tahun 2012 itu saya sudah menikmati indahnya kota Jogja, mengunjungi Malioboro atau nongkrong di angkringan. Ada rasa tidak rela yang mendominasi diri saya, kok bisa??? Setelah di cek lagi, yah emang habisss dalam waktu beberapa hari saja. Akhhhh saya kecewa!

Tak lama Rep SMS lagi katanya tiket yang open promo itu tinggal tujuan Makassar - Surabaya, untuk tiket kembalinya dari Surabaya - Makassar juga masih available. Saya sempat tertarik, dan kami kembali berhitung kira-kira rute apa saja yang bisa kami tempuh melalui Surabaya ke Jogja pun dengan biaya yang kira-kira harus dipersiapkan. Sepengetahuan saya dari Surabaya ke Jogja itu makan waktu 7 jam perjalanan darat baik itu Kereta atau Bis. Untuk memastikan saya pun segera menghubungi Gaphe, blogger yang pernah saya temui dalam rangka kopdar belum lama ini. Dia itu tinggalnya di Surabaya tapi kampungnya di Jogja, pasti dia bisa banyak membantu.

Setelah sms-an ria dengan si Gaphe saya kemudian tersadar, hehehe… bahwa Surabaya-Jogja itu capek! Bisa-bisa sampai Jogja malah teler, apalagi liburan kami ini lumayan singkat jadi tak bisa lama-lama di jalan. Mana harga sewa bis/kereta nyaris menyamai harga tiket promo. Saya perlahan-lahan mundur, merelakan satu mimpi yang nyaris saya raih itu. Ya sudahlah, mungkin memang belum saatnya saya ke Jogja. Tapi saya pasti ke Jogja dong! 

InsyaAllah…

11 comments

  1. ga jadi brangkat aja udah sgitu tau banyak tentang jogja..

    tu aja udah buat saya ngiri, gimana kalo jadi.. :p

    hehe

    ReplyDelete
  2. pengen ke jogja juga..

    Syaaammmmm. ajak aku donk :)

    ReplyDelete
  3. catatannya telah menyinggahi jogja...ehehe

    ReplyDelete
  4. salam kenal kak syam. sayang juga sih nggak jadi ke jogja. memang benar merpati ada promo 120.000 semua rute. setelah ditambah dengan ppn dan iwjr menjadi 138.000. saya sempat tertarik membeli tiket surabaya-makassar, tapi waktu itu saya udah dapet rute yang sama dengan citilink yang harganya lebih murah (79.000). jadilah saya malah beli tiket citilink lagi untuk surabaya-banjarmasin 79.000 juga sekali jalan.

    oh ya, perjalanan surabaya-jogja itu sekitar 7 jam kalau naik bus. tapi kalau naik kereta cuma 5 jam kok. harusnya kalau lewat surabaya ditambah lagi waktunya, nggak cukup kalau cuma 3 hari 2 malam.. semoga lain kali bisa datang ke jogja, kota saya tercinta. sekarang sih saya juga sama seperti gaphe, lagi di surabaya. :D

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah ke Jogja, suatu saat pengen backpacker-an hihihi

    ReplyDelete
  6. cyam, kutunggu foto2nya..eh ada nama gaphe disebut :D

    ReplyDelete
  7. Sugeng Rawuh di Jogja..

    ReplyDelete
  8. Murah amat 149 hehehe.
    Jogja ga seru kok, mbosenin mbak, bener deh. Huehehe soalnya aku pernah tinggal di sana 7 tahun :)

    Kalau kapan nanti ke Jogja, jangan lupa ke Ullen Sentalu. Itu keren banget!

    ReplyDelete
  9. Ah ya, Yogyakarta memang menyenangkan sebenarnya. Hanya saja, sekarang macetnya sama saja spt di Surabaya. Semoga saja impian ke Yogya dapat segera terwujud. :)

    ReplyDelete
  10. Insya ALlah jika tak ada halangan, bulan Januari yad aku akan ke Yogyakarta mbak. Ikut? :)

    ReplyDelete
  11. ooh ini too gara-garanya kemarin smsan.. kirain beneran mau ke jogja. hehehe..

    yaudah, lain kali mungkin pesen dulu tiketnya sendiri baru ngurusin yang lain.

    kayak kalo masang masker di pesawat, gunakan dulu baru bantu yang lain.

    tapi saya yakin koq, suatu waktu nanti kamu pasti ke jogja.

    ReplyDelete