Powered by Blogger.

The Compilation

Well postingan kali ini adalah postingan khusus, yang merupakan postingan berantai dari blog sahabat saya Yudie Darmawan. Awalnya ini adalah ide dia, mungkin dia penasaran dengan hasil jepretan saya yang keren-keren, hahaha… tapi enggaklah, seminggu yang lalu lewat YM kami sempat ngobrol dan sepakat bahwa untuk postingan akhir tahun 2011 ini kita masing-masing akan memasang kompilasi foto-foto hasil jepretan sendiri yang menurut kami adalah yang terbaik sesuai kategori-kategori yang sudah ditentukan. Yudie menawarkan 5 kategori, satu kategori tiga foto. Tapi setelah melewati perdebatan yang panjang dan menyebalkan akhirnya hanya ada empat kategori yang harus ditayangkan diblog kami masing-masing

Kalian bisa melihat foto-foto kompilasi punya Yudiedi sini: The Compilation! Saya tak akan mengubah judulnya, saya akan pakai judul itu juga. Dan yang harus digaris bawahi adalah, diantara kami tidak ada yang lebih keren dari siapa, walau si Yudie dengan pedenya selalu ngaku-ngaku jadi murid saya toh dia lebih dulu megang senjata DSLR, dia sangat mengerti tehnik sementara saya tidak perduli sama sekali dan saya akui dengan bangga hasil jepretannya memang benar “bercerita”. Ini bukan kompetisi, walau hadiahnya adalah tukar-tukaran oleh-oleh khas daerah masing-masing. Ini hanyalah salah satu cara untuk menjaga silaturahim antara kami, dan saling memotivasi dalam dunia jepret menjepret! Seperti kata Yudie, karena Fotografi-lah sebenarnya yang bikin kita temenan di Blog.

Ups! Intronya panjang benner… hahaha, ayo ayoo lets cekidot jepretannya sayah!

Kategori Pertama: Landscape


Bercengkramah (November 2010). Gambar ini saya ambil di kawasan perkebunan teh, Malino Kab. Gowa, Sulawesi selatan. Saya suka tatkala melihat awan yang saling bertegur sapa diatas selimut hijaunya daun teh, adanya langit dengan warnanya yang biru tidak membuat awan dan teh saling mendominasi satu sama lain.


Selimut Kabut (Desember 2010). Gambar diambil di daerah wisata Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Diambil dari atas sebelum saya dan teman-teman tracking menyusuri tangga-tangga bebatuan yang sudah disediakan. Saya suka gambar ini karena kesederhanaan yang ada, entahlah. Rasanya sejuk jika melihat gambar ini.


Harta Karun (Maret 2011). Gambar ini adalah gambar yang saya ambil di Pulau Lanjukang, satu dari pulau-pulau yang terletak di kaki pulau Sulawesi, butuh waktu 3-4 jam dengan menggunakan boat bermesin standar untuk bisa sampai kesana. Saya anggap pulau ini adalah harta karun yang baru saja saya temukan, sangat memukau dan belum tersentuh. Airnya bening, pasirnya putih, dan diselimuti dengan tumbuhan khas tropis. Pilau ini kecil dengan jumlah penduduk tak lebih dari 50 jiwa, dipulau ini terjadi perkawinan sedarah (dulunya). Ini adalah potensi besar untuk dunia pariwisata di Sulawesi selatan khususnya.


Kategori kedua: Black and White


Bacalah (September 2010). Gambar ini iseng saya ambil waktu mati lampu dirumah. Heehhe… cahaya total dari senter dan menggunakan mode paling random yang ada pada kamera, maklum saya tak pandai mengatur settingan manual. Begitu jadi?! Okeyy saya suka!


Berebut kursi! (Desember 2011). Gambar ini diambil di daerah Monumen Nasional a.k.a Monas, entah apa namanya seni patung yang sebagian badannya nempel di tembok kayak gini. Pokoknya disatu bagian monas, kita akan menemukan sudut yang sepanjang dindingnya menceritakan sebuah kejadian bersejarah.


Lah, kok manyunnn? (September 2010). Gambar diambil sekitar asrama rumah saya, habis sholat subuh saya jalan-jalan dengan adik sepupu saya. sebenarnya dia masih ngantuk tapi saya butuh model, jadi saya sedikit memaksa dia dengan mengiming-imingkan dia sesuatu. Haaha, hasilnya tuh liat dia malah manyun-manyun tak keruan, huhhh… ngerusak foto saya saja. Xixixixi…


Kategori ketiga: Humaniora


Trinitynya Bengong (September 2010). Gambar ini saya ambil pas Lounching buku ketiganya mbak Trinity “ Dua Hippo Dinamis” di Gramedia Mall Panakkukang. Di gambar ini mbak trinity sedang di interview oleh media local dan entah apaaa gitu pertanyaannya sampe-sampe doi bengong, kelihatan berfikir… ahahaha, lucu! Foto2 candid emang gak ada matinya!


Pulang (Juni 2011). Gambar ini diambil di Pulau Kodingareng Keke, saat liburan bersama teman-teman dari komunitas Anging Mammiri – Blogger Makassar. Seperti judulnya, gambar ini menceritakan kami yang segera bergegas untuk pulang setelah berjam-jam terpanggang dibawah teriknya Matahari.


Don’t Cry boy! ( Maret 2011). Gambar diambil di rumah nenek saya, saat malam sebelum pesta sunatan sepupu-sepupu kecil saya. Ini adalah adat Makassar, dimana malam sebelum acaraa puncak pesta sunatan akan digelar ritual “Mappacci” atau memberi daun pacar. Esensi dari acara ini adalah keluarga terdekat akan mendoakan anak-anaknya agar kelak menjadi anak yang berbakti, dan ini adalah momen yang sangat mengharukan.


Kategori keempat: Close-Up and Macro


Lalat Jemuran (Juli 2010). Gambar ini saya ambil dibelakang rumah, iseng-iseng ngincer lalat untuk coba-coba belajar foto makro. Dan Ini adalah foto pertama saya yang nangkring di FN. Hahaha, dan surpriseeee! Saya mendapatkan banyak pujian, sehingga membikin saya semakin terpicu untuk moto… moto… moto!


Little Ahsan (Oktober 2010). Gambar ini saya ambil saat acara puncak perayaan HUT PT. Hadji Kalla yang ke 58, di sekitar parkiran Mall Trans Makassar. Ahsan adalah anak pertama dari kak Any, rekan kerja di PT. Hadji Kalla. Saya suka gambar ini, titik!


The Model ( Oktober 2010). Gambar ini saya ambil saat foto session dalam rangkaian acara workshop Fotografi yang diselenggarakan oleh Fotografer Net dan Canon. Ini adalah kali pertama saya ada dan duduk bersama penggila fotografi yang ada di Makassar, ngeeek! Ini juga pengalaman pertama ketemu model seksiyy, dan sampe sekarang saya tidak pernah bisa ngerti, kenapa model mesti dikasih kostum yang serba minim dan berpose menggoda. Atau mungkin saya gak ngerti seni? Ampuuunn dah!

Dan tugas saya selesai. Akhir kata selamat menikmati foto-foto hasil jepretan saya. Ayo, bagi yang berminat untuk ikutan sharing stock foto-foto silahkan di perpanjang estafet “The Compilation” ini.

Dan untuk kalian ketahui, Fotografer itu romantis… Salam jepret! *dilempar bakiak*

43 comments

  1. Aku suka foto yang manyun, noh..
    Unyu banged >.<

    Keren2 fotonya, Mbak..
    Aku pengen banged blajar fotografi kyk gini ^^

    ReplyDelete
  2. wah, ftonya bgus2!
    lam knal...
    knjungi blog aku y mbak

    ReplyDelete
  3. apa kareba!
    wahh suka banget yg di jawa barat dan yang pulau perhiasan itu. hei! saya juga tinggal di makassar tapi blum pernah ke pulau itu. hikz

    ciee romantis nih ceritanya? haha, asikeeee

    ReplyDelete
  4. hasil jepretnya bagus2.... oh yah yang Lah, kok manyunnn? itu malah unik mas. hehehe

    btw si nyudi kayaknya sobatnya yah di dunia nyata?

    ReplyDelete
  5. heh?! MAS?? wadduh... buset! perasaan kamu sering main disini deh.

    Yudi itu blogger dr medan --"

    ReplyDelete
  6. Tadi udah ke Yudi, sekarang ke sini... kapan Gaphe ikutan juga ya, lagi demen2nya motret juga dia. aku cuman modal hape, hahaha... eh mbak Elsa juga rajin pasang foto keren di blognya

    ReplyDelete
  7. aku paling seneng kalo liat foto kebon teh
    kayaknya hati ikut adem lihat hijaunya...

    ReplyDelete
  8. Mantappp... fotonya keren-keren mba..

    ReplyDelete
  9. Gilaaaa ini sih dahsyaaat abis, Syam! :D

    Dahsyat! Keren! :D

    Semua fotonya keren! ^^

    ReplyDelete
  10. Yang Macro keren banget. fokusnya mantab

    Salam kenal kk

    BayuKristanti.com

    ReplyDelete
  11. Ya Allah... Subhanallah...
    Gammaraks!!!

    Bravo kakak cyaaamm!!

    ReplyDelete
  12. Waww...sumpaaahhh,, hasil jepretannya kereeennn bangett..
    suka semuaaaa... :D

    kapan2 nay jadi modelnya mau kok, disuruh pose manyun juga gpp,, hihiii :)

    ReplyDelete
  13. Aku paling suka kategori Humaniora,soalnya kalau lihat serasa hati dag - dig duk secara tiba2 & aku memang tertarik dengan itu
    Note : aku denger kok musik'a balik lagi ke yang lama Home,mang kenapa mba ?

    ReplyDelete
  14. Lagu home dengan blog ini udah klop dihati, hahahha... ternyata lagu Nothing on younya bruno mars gak bisa bikin suasana homeeyyy^^

    ReplyDelete
  15. wah, keren semuaa..

    khususnya yang selimut kabut keren tuh. yang bw juga..

    ReplyDelete
  16. huh, dan saya tidak ada alasan lagi mengapa saya merasa pantes jadi murid situ..

    itu yang di tangkuban perahu keren banget mbak, it's best angle landscape photography, gak biasa, kesannya sejuk banget..

    kalo BW sebenernya jarang liat karya kamu My Sist, tapi sgitu ditunjukin bikin saya minder..

    Humaniora..? ah, emang situ lah dedengkotnya.. keren abis..!

    Close Up, sebenarnya ini yang pengen banget saya liat dari mbak, gambar kedua di kategori close up ini bisa dibilang super, dimasukin ke humaniora juga oke banget..

    soal tukeran oleh2nya kita bahas lagi ya, takut mengecewakanmu My Sist, soalnya kesibukan akhir2 ini segambreng banget..

    satu lagi: be my photography teacher, hehe..

    p.s: gak tau saya dimana romantisnya fotografi itu, aneh2 aja dirimu My Sist..

    ReplyDelete
  17. wah fotografer nih, ckckckc.

    duh, pas masuk blog ini, lagunya mantep. bikin ngantuk, hehehe.
    kenalin.. Jinkinjeng , hehehe,.

    ReplyDelete
  18. fotonya keren-keren. soal kompilasi terbaik 2011 ada juga tuh milis komunitas fotografi yang membuat hal yang sama. para tukang foto diminta mengirimkan foto-foto yang menurut masing-masing merupakan foto terbaik mereka selama 2011.

    ReplyDelete
  19. iya tuh fotonya mbak syam bagus
    eh modelnya cantikan aku mbak, udah aku aja yang dipoto deh... *ngomporin*


    hehe lucu komentarnya si mbak syam di aku.. :P
    iya dong sesuatu yang pribadi.. jadinya aku bilang cuma saran.. masang widget musik yang bisa dipause atau stop biar sama2 enaknya. bukan mbak syam sih, kapan waktu aku sempet BW ke blog yg musiknya rock pas malam2.

    ReplyDelete
  20. WOW .... foto fotonya cantik sekali .... bagus banget :)
    suka semua deh

    ReplyDelete
  21. paduan sempurna, foto dan narasi, jadi saya syam...:)

    ReplyDelete
  22. Kak Cyaaaaam.. :3
    Fotonya keren-keren banget dah!

    ReplyDelete
  23. Pokoknya jempol buat foto2 di atas.

    ReplyDelete
  24. cyam aku juja mau dipoto. tunggu bulu ketiak saya panjang dulu. ntar pose pamer kelek kaya eva arnas... ihihihi

    ReplyDelete
  25. sering YM-an iia.. :) keren2 fotonya :) SELAMAT TAHUN BARU 2012 semua!!! :)

    The Personal Touch

    ReplyDelete
  26. aihh aihhh..aku tersihir oleh fotonyaa^^
    dari pertama sudah disuguhkan gambar yang begitu bercerita..sukaaaaa >,<
    kereen kereen!! d(^.^)

    ReplyDelete
  27. Assalamu'alaikum Mbak,,,
    salam kenal...
    Wuaahhh,,, pohtonya keren2,,, gak nyesel saya nyasar disini juga. Thak's for you "nyasar" he,,he,,, ^_^ V;

    ReplyDelete
  28. Dari Makasar ?
    Temennya Mbak Uchi dong....
    Sewaktu2, sy ngambil pohtonya boleh ya Mbak ? ***maksa*

    ReplyDelete
  29. Uci itu senior saya dikampus, kenallah kami :) fotonya bisa kok diambil asal tau etika ngopi aja :)

    ReplyDelete
  30. yg saiia suka dari 'bercengkramah'.. atap warung warung di perkebunan teh yang terlihat sangat 'sesuatu'.. keren!!!

    http://genialbutuhsomay.blogspot.com/2011/12/tipe-belajar-visual.html

    ReplyDelete
  31. Sy suka selimut kabut :)
    sunyi, menimbulkan perasaan apa gitu ya hehe..susah diungkapkan... :)
    salam kenal ya
    ohya ijin follow ya

    ReplyDelete
  32. foto2nya luar biasa semua Mbak, punya keunikan sendiri-sendiri

    ReplyDelete
  33. yuhuuuuuuuuiiiiiiiiiiii kakak cyaaammmm~

    ReplyDelete
  34. keren2 fotonya mbak :)

    sudah saya follow..
    follback yaa :)

    ReplyDelete
  35. Balik lagi ah.. mau lihat foto foto lagi. Komentarnya masih sama, hehe..

    ReplyDelete
  36. Untuk semua sahabat blogger, terimakasih sudah berkunjung ke rumah saya ini. selamat tahun baru semuanya :)

    ReplyDelete
  37. foto2 itu berbicara

    gila, keren...
    met taun baru.. :)

    ReplyDelete
  38. thankyou, met tahun baru :)

    ReplyDelete
  39. eehh eehh, baru tahu saya klo ada malam mappacci juga untuk anak2 sebelum Sunnat, hehehh

    nice photos Syam, keep on foto2 :D

    ReplyDelete