Powered by Blogger.

[blog] 9 Matahari



Pada tulisan kali ini saya ingin mereview 9 Blog yang selama ini sering saya kunjungi, membaca tulisan terbarunya ataukah sekedar membongkar-bongkar arsip lamanya. Blog yang bagi saya punya nilai lebih karena mampu memanggil saya untuk selalu datang dan datang lagi, beberapa saya tinggalkan komen beberapa lagi tidak.

Dan inilah Blog-blog itu, sang pemilik dan alasan kenapa saya suka sama mereka.

1. Sejuta Puisi - Hasan Aspahani. Bagi penikmat puisi, siapa yang gak kenal Om satu ini? Seorang penulis, penyair, penggiat media dan kartunis. Puisi-puisinya panas sehingga yang membacanya dibikin meleleh. Akh! Si Ommm pandai sekali dia membuat kata-kata tersusun sedemikian romantisnya. Semenjak tahun 2010 saya mengikuti blog dia, membaca setiap update-an terbaru dari blognya, baik itu puisi, quote, tulisan lepas, ataupun sekedar memperlihatkan fotonya yang sedang tampil membacakan puisi. Bagi penyuka puisi, sayang sekali untuk melewatkan update-annya Om Hasan ini.

2. Ruang Tengah. Blog ini milik Fahd Djibran, seorang penulis muda yang mulai aktif menulis sejak tahun 2004. Umur saya lebih tua beberapa bulan dari Fahd, tapi dia jauh lebih "kaya" maka dari itu saya banyak iri sekaligus terinspirasi dengan karya-karya dia. Saya suka tulisan-tulisannya, baik yang sudah terbit dalam bentuk buku ataupun dalam blognya. Saya punya beberapa buku dia, dan saya pun bangga bisa menjadi pembaca tulisan-tulisan segar/terbaru yang selalu dia posting diBlognya. Penyuka tulisan-tulisan melankolis pasti suka dengan dia. Seperti saya.

3. Teras Imaji. Pemilik blog ini adalah Dwi Agustriani, seorang ibu rumah tangga satu anak. Saya mengikuti blognya jauh sebelum dia menikah. Dia adalah blogger asal Makassar, dulu kami satu kampus satu angkatan tapi beda jurusan. Sesama anak sosial tentunya tempat nongkrong kami dekat walau begitu kami belum pernah terlibat dalam percakapan, sekedar saling memperkenalkan diri didunia nyata. Padahal saya sering melihatnya nongkrong bersama teman-temannya di warung/cafe yang sama saat saya pun tengah asik nongkrong bersama teman-teman saya. Saya adalah pengagum rahasia untuk semua karya-karya dia yang dia posting dalam teras imajinya. Entah apa dia sadar dengan keberadaan saya atau tidak. Pokoknya saya suka, setelah Dewi lestari, Djaenar Maesa ayu, Asma nadia, saya tak punya banyak nama penulis perempuan lagi yang membuat saya betul betul jatuh hati. Dwi salah satu penulis blog yang membuat saya selalu iri, dia pandai memilih kata untuk mewakili perasaannya kemudian dia ejawantahkan lewat tulisan dengan citarasa "perempuan". Pokoknya saya suka.

4. Divan Semesta. Nama dan Tagline blog ini sama, Divan Semesta. sosok yang sebelumnya saya kenal baik melalui tulisan-tulisannya dalam Minimagz Open Mind, bacaan paling menarik saat kuliah dulu. Ada yang pernah baca majalah mini Openmind itu? Majalah Islami yang betul betul frontal dan revolusioner! Coba saja buka blognya si Divan ini, tulisannya keras dan tegas. Sudah lama saya tak membaca majalah mini itu, dan setelah searching diGoogle hanya blognya mas Divan inilah nafas Open Mind terasa. Beberapa tulisan di Open Mind juga dia tulis kembali dalam blognya, dan blog si Divan ini selalu update dengan tulisan-tulisan yang mencerahkan. Saya selalu mengunjungi blognya walau tak melulu memberikan komentar.

5. Collection Of Potraits. Bagi saya blog ini misterius, saya tak pernah tahu siapa sosok dibalik blog hitam ini. Kalau dari link Urlnya, gampang saja saya memperkenalkan bahwa blog ini milik Pandji Putranda dan tentang siapa dia? Entah! Saya sudah setahun ini mengikuti blognya dan tidak juga menemukan gambaran tentang dia. Lebih tepatnya tidak penting untuk saya tahu. Siapapun dia, saya suka semua tulisan yang pernah muncul di blognya. Puisi-puisinya frontal, tegas dan dalam! Dia pandai menggabungkan kosakata absurd menjadi rangkaian kata yang membuat saya ternganga. Tulisan dia singkat dan padat makna. Pokoknya berbeda dari puisi-puisi pada umumnya, belakangan saya pun banyak belajar membuat quote keren berkiblat dari dia. Walau gak ada yang berhasil. Kerenlah yah si Pandji ini. Layak difollowlah blog dia.

6. Celoteh Rawins. Hmmmm, saya pun sebenarnya bingung kenapa saya mendapati diri saya yang begitu sering berkunjung ke blognya mas Rawins ini. Blog yg dalam beberapa postingan tergolong fulgar, ahahaha. Tapi nasi dah jadi bubur, saya terlanjur ngefans. Mungkin karena pesona pada Profil Picture Blognya mas Rawins yang sebelas dua belas lah sama Pasha Ungu #abaikan. Blog mas Rawins itu simpel tapi tepat sasaran. Walau saya bukan bagian dari kesehariannya dia tapi saya suka baca tulisan-tulisan dia yang menceritakan tentang kondisi kantornya, ataukah tentang kerinduannya pada Ibu'e dan anak-anaknya saat terjebak dalam rutinitas di Kalimantan. Mas Rawins mampu membuat kita akrab dengan dirinya walau tanpa harus terlibat dalam sebuah percakapan. Mas Rawins dah mengajarkan saya pribadi untuk bagaimana berfikir "out of the box" hidup itu gak perlu dibikin ribet, walau emang sebenarnya ribet. Ya toh?!

7. Message from the green side. Blog ini punya Mas Suryaden, yang saya temukan gak sengaja waktu ke tempatnya si Yudie Apa yang menarik dari blognya mas Suryaden? Yah tulisannya yang kritis, tegas dan pass pass pass kena hatiku. Walaupun begitu kadang saya susah mencerna maksud yang coba disampaikan oleh mas Suryaden dalam tulisan-tulisannya. Satu hal yang menjadi cirri khas dari blog ini adalah adanya lirik lagu yang ikut disisipkan pada setiap postingan yang berhubungan dengan pembahasan yang tengah diangkat. Unik bukan? Ya iyaalah unik… orang dia satu-satunya yang seperti itu. Kalau dilihat dari twitternya mas Suryaden ini adalah aktivis blogger di kota Jogja.

8. [r:zrd]. Adalah Rizky Ardianto seorang enginer asal Jakarta sebagai owner blog ini. Pertama saya kenal si Rizky ini waktu trip ke Pulau Belitung bersama rombongan kaki gatel, kebetulan dia satu team dengan saya selama berada di Belitung. Orangnya tenang, terlihat cerdas dan perduli. Belum lama ini saya menemukan blognya, dan tereeeeng blognya pun mencerminkan dirinya. Blog yang bagi saya sangat sederhana tapi tak meninggalkan kesan mewahnya, istilah kerennya mungkin elegan. Di blog ini saya belajar bagaimana itu kesederhanaan, bahwa tanpa menonjolkan diri pun kita bisa menjadi seseorang yang menjadi inspirasi bagi orang lain. Di blognya, Rizky selalu bercerita tentang hal-hal yang terjadi dikesehariannya dan kita pun akan disuguhi dengan foto karyanya sendiri yang betul memvisualisasikan apa yang tengah dia bahas. Setaip hari saya pasti mampir ke blog Rizky, dengan atau tanpa komentar. Tahun ini dia berkomitmen untuk melaksanakan Project365: One post one pict a day for a year!

9. Gaphe Bercerita. Kapan pertamakali saya nyasar di blognya Gaphe? Lupa! Yang saya ingat saat pertama nyasar disana yah saya gak langsung suka sama blog itu. Kok bisa? Gaphe kan terkenal? Ya bisalah. Awalnya Blog Gaphe seperti blog pada umumnya, yang banyak berkiblat pada gaya penulisan Raditya Dika atau Chaos@Work (penulis my stupidboss), yang mengedepankan unsur komedinya. Tapi suatu hari dia posting sebuah tulisan yang bercerita tentang Stasiun Tugu, barulah saya semakin penasaran. Okey, blog ini bukan blog biasa... dan mulailah saya rajin mengikuti setiap postingannya. Sepanjang apapun tulisannya pasti saya baca walau pada akhirnya bingung mau berkomentar apa. Dua hal yang mencirikan blognya Gaphe dibalik cara menulisnya yang kocak itu adalah, Cerdas dan Berkelas. Gak percaya? Yah itu derita loe! Saya mah suka. Hahaha...

Sembilan blog diatas saya juluki sebagai "9 Matahari" (pinjam novel Adenita). Matahari adalah inspirasi saya dan kesembilan blog tersebut telah memberikan inspirasi bagi saya khususnya di dunia tulis menulis. Terimakasih.

P.S. Tulisan ini adalah bentuk apresiasi saya untuk mereka yang telah men-Jleb-kan hidup saya lewat tulisan-tulisan mereka

posted from Bloggeroid

31 comments

  1. waah mas gaphe masuk....
    :)

    saya ga masuk je...
    :P

    ReplyDelete
  2. Pertamax! Dan saya baru benar-benar ngeh... dari sembilan ini hanya satu orang perempuan. hmmm, tanya kenapa??? --"

    ReplyDelete
  3. AAAAAAAAAAAAAAAAWWWWW teeerharuuuu saya baca tulisanmu ini. sungguh, ini penghargaan bagi blog saya dari seorang matahari. ahahaha.. semoga pembaca yang lain juga merasa seperti itu ketika mampir ke blog saya.

    sekali lagi thankyouu berat ya Syam..

    makasiih makasiih makasiiih.. hug hug hug

    ReplyDelete
  4. @zone yah zoneee, kamu menggagalkan komen pertamax saya :(

    ReplyDelete
  5. kenapa gak sepuluh sih, hmmm .. saya tahu, ;)

    ReplyDelete
  6. Kata orang, kucing punya sembilan matahari... euh, itu "nyawa" ya. :D

    ReplyDelete
  7. @Stupid monkey sepuluh itu terlalu sempurna, jadi saya berhenti di angka sembilan. angka favorit saya :)

    ReplyDelete
  8. wah.. salah dua di antara sembilan itu adalah blog yang saya kunjungi dengan rajin juga.. :D

    ReplyDelete
  9. @Gaphe Ahahha, saya terlebih terimakasih Phe. karena lewat blog kamu saya makin banyak kenal dg blogger lainnya :)

    ReplyDelete
  10. @Asop Lah justru saya baru dengarnya dari kamu sop. gak tau saya nih..

    ReplyDelete
  11. @Ayu Welirang saya bisa tebak, hmmm... salah dua dari blog ini emang rajin blogwalking. Merekapun sering menyempatkan diri mampir diblog saya ini yuu

    ReplyDelete
  12. Waduh terimakasih banyak. .... Nambah semangat blogging ini.....

    ReplyDelete
  13. huaaa masyaAllah XD
    kak cyaamm punya 9 matahari~
    ci ci cuiitttt~

    ReplyDelete
  14. Buakakaka, Mbak Syam juga bilang Om Eko Rawins mirip Pasha Ungu, ahahahaha. Waktu kubilang ke dia, dia mirip Pasha, dia gak percaya uhuuuk. Hahaha...

    Yang Fahd itu ngarang Cat In My Eyes itu kan? Aku baca bukunya, tapi ga tlalu paham :|

    ReplyDelete
  15. suka cekikikan kalau baca blognya Rawins :)

    Blognya Gaphe memang *wah* ... sering terpana deh kalau berkunjung ke sana :)

    ReplyDelete
  16. kunjungan perdana dan menyapa dulu yang mpunya blog. salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
  17. wow kereennnn bangettt pict.nya suka berwisata yaaaaaaaaa??? soalnya saya lihat di pict" yang lain lokasi wisata semua

    Salam kenal dari blogger amatiran lombok utara "Lombok 7og4nk", kalo suka yang seegerrr-segerr + ajib-ajib wajib visit back ke Lombok 7og4nk

    ReplyDelete
  18. Beuh, makasih loh udah dimasukin kesini ;) terharu, jadi inget pepatah dari temen, its hard to impress you in almost anything, but its quite easy to touch you :)
    Semoga sukses dengan Photography365-nya

    ReplyDelete
  19. woaaaaah. . .
    sugoii. . .ahahahaha

    ReplyDelete
  20. Waaaa langsung menuju tkp satu per satu. Thank you Syaaaaaam.

    Yang nomor satu doang yang sudah pernah.

    ReplyDelete
  21. selamat buat kalian semua ya, yang telah membuat warna pada blok nya sYam -

    Salam

    ReplyDelete
  22. luar biasa listnya syam. pentingnya membaca tulisan sebagai refleksi...[tapi yang saya paling dekat dengan listnya...hasan haspahani].

    inspiratif notenya...

    salam

    ReplyDelete
  23. 9 matahari kayak jurus kungfu long hu men tuh

    *si rawins pasti ge'er berat

    **sayang aku ga jago menulis :(

    ReplyDelete
  24. @sYam

    kakak, kau membuatku bingung dan kaget, lagi asyik2 bw dengan buka banyak tab, tahu2 ada lagu....

    dan setelah sibuk mencari-cari ternyata salah satunya dari blog ini, ada juga sih lagu dari blog lain

    the point is, gara2 lagu yg berputar di banyak blog itu aku jadi pusing, padahal aku sendiri sebelumnya sedang asyik memutar jango, dan krn lagu2 dari blog-blog tersebut maka jangonya aku tutup deh :(

    ReplyDelete
  25. @Ario Antoko hihihi... padahal lagunya enak ini :)

    ReplyDelete
  26. @Una AHahhaha... serius loh mirip pasha. tapi cuman di foto itu aja sih *dijitak rawins*

    Yup betuuul na, salah satu bukunya Fahd Djibran yah itu *cat on my eyes* keren loh :)

    ReplyDelete
  27. @sYam

    aku jadi malu, lagunya dilepas, maaf yah :)

    ReplyDelete
  28. .saya sampe ga tau harus ngomong apa. terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  29. pasti ada gaphe, #eaaaa frikitiw, ke tekape ah, ada yg blm tau

    ReplyDelete