Powered by Blogger.

Tentang Lowongan Kerja dan Lupa


Beberapa hari yang lalu sahabat saya Rep memberi kabar melalui SMS tentang lowongan kerja dikantornya. Bank Indonesia. Hmmm, tanpa berfikir lama saya balas SMS itu dan berkata "terima kasih, saya takkan melewati kesempatan ini". Tentunya yang ada dikepala saya saat itu adalah, wow kesempatan berlian! Mungkin inilah saatnya saya keluar dari rutinitas yang monoton satu tahun belakangan ini, saya bekerja tapi belum merasa menemukan passion yang sebenarnya disini. Kantor saya sekarang ini adalah tempat saya belajar, saya tak ingin berakhir disini.

Dan siapa sih yang tak ingin bekerja di Bank yang se bonafit BI sangat menggiurkan dari segi image, penambahan ilmu dan penghasilan. Seleksinya pasti berat dan ketat. Walau bagaimana saya harus mencoba. Kita tak pernah bisa menebak takdir.

Waktu pendaftaran online adalah tgl 09-13 Januari 2012. Sangat singkat memang. Tanggal 9 pagi melalui komputer kantor, saya membuka link pendaftaran online yang dikirim oleh Rep. Membaca syarat dan ketentuan yang ada. Setelah saya mencentang tanda setuju saya dibawa oleh situs itu ke halaman isian data diri. Saya pernah mengisi form serupa saat mendaftar seleksi karyawan pada PT. Pelindo IV, jadi saya tak terlalu kikuk. Hanya saja saya butuh data akurat dan waktu luang minimal 30 menit. Tapi, entah apa yang terjadi saat itu. Apakah saya dipanggil boss, ataukah ada customer yang harus dilayani sehingga saya menunda pengisian form data diri itu. Dan saya Lupa!

Tanggal 10,11,12... saya masih lupa.

Tanggal 13 pagi saya ada urusan di kantor pusat, dengan menggunakan Mobil dinas si Boss melajulah saya menuju kantor pusat. Setelah menyelesaikan urusan, saya sengaja datang ke meja Putri untuk bersapa-sapa, dia junior saya di kampus dulu. Saya dan dia sama-sama karyawan sekaligus job hunter, setidaknya sampai saat ini. Dia bertanya pada saya, "sudah daftar online BI? Hari ini terakhir kak" Dan saya tiba-tiba seperti orang yang baru sembuh dari lupa ingatan. "Astagfirullah, belum, saya lupa. Akan saya selesaikan hari ini juga saat istirahat kantor". Tak lama saya pamit.

Sebelum kembali kekantor, saya singgah di Bank dulu, bertemu banyak orang. Berbincang dengan banyak orang. Kembali kekantor, menyelesaikan pekerjaan yang tersisa. Bertemu customer. Menerima banyak telepon. Pulang kantor kumpul dengan teman. Sampai rumah capek, tidur. Dan saya kembali lupa.

Tanggal 14 pagi, saya ingat saya telah melewatkan sesuatu yang besar. Tapi justru saya tersenyum, hmmm... Tuhan selalu punya cara yang manis untuk mengingatkan hambanya. Lupanya saya justru mengingatkan saya pada komitmen setahun lalu, bahwa saya akan melewatkan semua rekrutmen perusahaan perbankan. Saya tak ingin bekerja di Bank. Saya tak ingin berlama-lama dalam ragu. Ini adalah prinsip. Saya pun sempat membuat postingan tentang Hukum Bekerja di Bank Maret 2011, setahun yang lalu. Sedikit pembenaran untuk keputusan saya. Penghasilan di Bank memang besar, tapi rejeki takkan kemana.

Terimakasih ya Allah telah memberi saya Lupa.
posted from Bloggeroid

24 comments

  1. untung.. komitmen masih terjaga.. he.he.he.. dan rejeki dimanapun pasti ada..

    ReplyDelete
  2. :) kirain mbak syam juga daftar karena saya nyari teman hehehe :D

    ReplyDelete
  3. gusti allah selalu punya cara untuk menjaga hambanya ya, mbak.

    ReplyDelete
  4. @Fajar Setuju, setiap manusia sudah ada jatahnya masing-masing. tinggal diusahakan aja kan mas, gmana cara nemuinnnya.

    ReplyDelete
  5. @Ninda Rahadi tadinya mau, tapi lupa. Jadinya di skip aja... heeheh, suksesyah nin buat cr kerjanya.

    ReplyDelete
  6. @Kombor iya kang, cara yang tak pernah bisa kita sangka. Dia emang yang terbaik :)

    ReplyDelete
  7. saya kira endingnya akan terjadi penyesalan, ternyata! saya salah besar,"geleng-gelng pala saya nya".
    Ternyata semua aturan memang terjadi ya, itu bukti kasih sayang Allah kepada hambanya, anda beruntung sekali ;)

    ReplyDelete
  8. @Stupid monkey tadinya sih begitu. tapi pas diingat-ingat lagi, yah sebenarnya memang penerimaan itu saya skip. krn sy udah komitmen gak kerja di bank.

    ReplyDelete
  9. @sYamsenang mengetahui masih ada yang memegang komitmen, sikap yang udah jarang saya temui tau mba ;)

    ReplyDelete
  10. @Stupid monkey masih banyak kali mas, cuman mungkin mereka bukan bagian dari keseharian mas manki. jadi terkesan langka :)

    ReplyDelete
  11. Salut deh sama mbak, bisa bersyukur atas lupa yang terjadi..
    Oya, kalo ad lowongan lagi, kabar-kabari jg ya mbak.. :)

    ReplyDelete
  12. ahahahahaha kereeeeeeeen. . .
    :p

    ReplyDelete
  13. ambil aja hikmahnya, pasti allah akan memberikan yang terbaik pada hambanya walaupun awalnya buruk

    ReplyDelete
  14. @haris widodo Gak ada yang buruk kok mas, gak sampai ending yah mbacanya? Hehehehe...

    ReplyDelete
  15. wOw...berliann.. :D, kata bagus mbak..manusia tempat salah dan lupa, segala kesempurnaan hanya padaNya :)

    ReplyDelete
  16. @Uc Herawati wadduh, kan banyak mbak situs2 yg menginformasikan loker terbaru. tinggal klik email berlangganan, tiap buka email pagi hari langsung muncul deh smua lowongan yg ada

    ReplyDelete
  17. kalau saya selalu setia sama tempat kerja saya sekarang mba,walaupun diliar sana banyak pekerjaan yang sesuai bidang dengan gaji 2-3lipat menghampiri
    tapi uang kagak bikin kita jadi bahagia,tapi suasana & dukungan atas untuk bebas berkreasi bebas tanpa halangan yang membuat saya cinta sama kerjaan saya walaupun perusahaan'a masih belum besar kaya BI dll

    ReplyDelete
  18. Saya bersyukur sama pekerjaan saya sekarang walaupun sangat melelahkan.. Lam kenal ya...

    ReplyDelete
  19. Ups, untung Syam ingat komitmenmu dulu, ya. :)

    ReplyDelete
  20. @sYamhehe, tau aja nih si mba,kalo saya gak punya komitmen dalam segala hal mba, kecuali masalah keyakinan ;)

    ReplyDelete
  21. ternyata saya juga lupa kalau saya harus baca setiap postingan blog matahari, setelah lupa saya jadi merasa berhutang pda diri saya sendiri hehe...

    Lupa terkadang bsa membawa berkat sekaligus mengundang malapetaka. Asal jangan lupa sma kewajibanya sbg manusia yg berakal. Thanks utk tulisanya :)

    ReplyDelete
  22. hmmm, kalo masalah kerja di bank, no komen deh aw (lho iniii komeng ucil :D)

    saya kerja di bank, wanna getting other place cam :D, ada beberapa alasan, klo utk bagian saya diperbolehkan, huehee, taudeh ragu2 icuk. Lagi mencari amannya nih, sukses buat syam. .

    ReplyDelete
  23. Lupa bermanfaat juga ya...

    ReplyDelete