Powered by Blogger.

Dewi Wahyuni, Happy Birthday to you...


Dear Ananda Nadya...

Apakabar kamu nak? Tidakkah kamu rindu pada tantemu yang keren dan manis ini?

Suatu hari saya ingin bercerita padamu tentang ayah ibumu... dua orang hebat yang tak akan saya abaikan dalam ingatan saya. Dan jika tak ada kesempatan itu, setidaknya kamu harus membaca tulisan saya ini. Versi lain dari cerita romantisme yang nantinya akan diceritakan oleh Ayah Ibumu saat kamu mulai penasaran dan akhirnya menanyakan bagaimana untuk pertama kalinya mereka bertemu dan Jatuh cinta.
Karena cinta itu datang pada saat yang tak kau duga...
Ibumu adalah satu dari beberapa sahabat terbaik saya saat dikampus dulu. Kami banyak menghabiskan waktu bersama, kuliah, makan siang, ngumpul, telponan dan nginap. Kami berteman dengan melibatkan perasaan satu sama lain. Ibumu adalah wanita yang menyenangkan, sederhana dan matanya cantik. Mata itulah yang pada akhirnya membuat ayahmu jatuh cinta dan terus mendekati ibumu, tindakan yang sempat membuat ibumu tidak nyaman. Hmmm... saya masih mengingat bagaimana ibumu curhat tentang ketidaknyamanannya yang terus didekati oleh ayahmu, dia bercerita dengan memonyong-monyongkan mulutnya dan dengan mata yang tak henti-hentinya bermain. Mimik yang selalu dia tunjukkan saat menceritakan sesuatu yang tidak dia senangi. Hihi...


Entah ini suratan takdir atau suratan senior hingga saya, ibumu dan beberapa teman-teman yang lainnya ada pada satu kelompok pengkaderan yang menunjuk Ayahmu sebagai pendamping/pembimbing kami. Kelompok 6. Hahaha... kelompok yang mengharuskan mahasiswa baru berkumpul dua kali dalam sepekan untuk membahas apa saja. Mereka, yah salah satunya ayahmu itu seperti seorang sales sebuah produk. Tak hentinya mendekati kami, memasuki kami melalui kebiasaan dan kesenangan kami dan pada akhirnya melibatkan kami pada produk yang dia tawarkan itu. Pengkaderan, Lembaga Mahasiswa, Ikatan Mahasiswa Akuntansi. Produk yang pada akhirnya banyak membentuk karakter keras pada diri saya. Akh! So sweeet

Tapi, satu hal yang tidak pernah saya lupakan bahwa Ayahmulah yang pertama kali membuat saya suka membaca buku. JOMBLO, adalah novel ringan milik Odhani yang pertamakali harus saya habiskan.. ayahmu tau saya tak senang membaca makanya dia menugaskan saya untuk membacanya dan membahasnya dipertemuan selanjutnya. Dengan rasa tidak senang dan sedikit tertekan saya menerima tugas itu, saya membacanya dan membahasnya. Dan sekarang? Saya dan buku adalah sahabat karib yang selalu ada kapanpun... Terimakasih Kanda sudah memperkenalkan kami.


Waktu membuat saya, Ibumu, Ayahmu dan beberapa sahabat lainnya semakin akrab. Kami menghabiskan liburan bersama, ikut kegiatan bersama, ataukah hanya sekedar ngumpul menertawakan apasaja. Sekali waktu kami pernah melakukan jebakan ulang tahun untuk ayahmu, akh... waktu membuat hubungan kami semakin berkualitas, dan tanpa sepengetahuan saya ada hubungan lain yang tak kalah berkualitasnya yang juga terbentuk. Hubungan serius antara Ibumu dan Ayahmu, hubungan yang tak pernah saya ketahui jika saya tak melihat Ayahmu membonceng Ibumu disekitar jalan Urip Sumoharjo, atau ketika saya melihat inisial “UDA” muncul dihandphone Ibumu saat ada telpon masuk dari Ayahmu dengan nada panggil yang mendendangkan lagu 50 Tahun Lagi, milik group Warna. Hmmm... UDA dan UNI, adalah panggilan bermakna kakak dan adik dalam hubungan suami isteri dari satu daerah di Ujung Sumatera sana.

Saat saya semakin yakin dengan hubungan yang tak pernah di ucapkan khusus oleh Ibumu pada saya itu, saya hanya tersenyum-senyum dan terkenang-kenang, membayangkan muka monyong Ibumu saat menceritakan ketidaknyamanannya yang terus didekati oleh ayahmu... hihi. Itulah, kita tidak akan pernah tahu kapan dan bagaimana dan kepada siapa Cinta itu datang dan menyangkut. Karena cinta itu datang pada saat yang tak kau duga...


16 Maret 2012, adalah ulang tahun Ibumu pada usia 26 Tahun, hmm... tak terasa waktu berlalu sedemikian cepatnya. Pun dengan kamu nak, sekarang tentunya kamu sudah besar dan bisa berlari kesana kemari. Kamu beruntung punya Ibu yang punya pengertian dan pelukan super, saya pernah menangis kencang dalam pelukannya nak, dan diapun menangis. Tangis bahagia karena pada akhrinya satu event yang saya pimpin, yang banyak menguras pikiran, emosi dan isirahat malam kami akhirnya selesai dengan sempurna. Kalau ingat itu pun saya ingin menangis lagi... saya RINDU! Itu sebab kenapa Ibumu tak akan pernah hilang dari romantisme masalalu saya, walau jarak dan waktu tak pernah memihak kami lagi.

Sampaikan salam sayangku pada Ibumu, saya rindu untuk ada berlama-lama dengan dia lagi, bercerita dan menertawakan dirikami dimasa lalu. Saya yakin diapun rindu mendengar ocehan-ocehan saya yang tak ada habis-habisnya... ataukah mendengar banyolan saya yang kadang terlalu garing.

P.S. Untuk sahabat saya Dewi Wahyuni, selamat ulang tahun sayang. Maaf tak ada sms atau pesan di wall FB, hanya ada doa dan tulisan yang telat ini untuk kamu. Semoga kamu selalu dilimpahi keberkahan dan cinta, untuk dirimu... kak Igu dan Nadya... dan semua orang yang kamu cintai, termasuk saya.

posted from Bloggeroid

19 comments

  1. hepi besdey buat sahabatnya ya, Syam :)
    anaknya lucu banget..

    ReplyDelete
  2. naratif...semakin ahli dalam menulis, tak hanya jago memotret. mantep syam

    ReplyDelete
  3. itu foto lagi liatin menu? serius banget dedek kecilnya hihihihi

    Dalem niy tulisannya
    berasa saya yang jadi Dewi-nya
    boleh lah ya kan beda 3hari doang tgl lahirnya hehehehe
    aku juga ada teman yang seperti itu, berjodoh dari lingkungan pertemanan :)

    Semoga sahabatmu membacanya ya mbak, selamat ulang tahun juga untuknya.

    ReplyDelete
  4. sahabatku belum ada yg nikah mba sampai detik ini,tapi overall salam ya buat si kecil
    jadi inget sama ponakan dirumah nih,kalau lihat foto si kecil

    ReplyDelete
  5. @nicamperenique iyya mbak Niq, itu adeknya narsiss... wah mbak Niq jg ulang tahun yah? Selamaaat yaaah, smoga berkah mbak umurnya *peyuuk*

    ReplyDelete
  6. @Andy kalo sahabat dn teman2 saya umurnya dah 25keatas smua ndy, jadi... dah pada prepare kesana (nikah). mungkin krn cewe jg kali yah jd lebih cepat :)

    ReplyDelete
  7. heby b'day buat sahabatnya.....
    wah wah wah, masak gak ada special momen buat ngerayain nih

    ReplyDelete
  8. kl gitu kapan dong kamu (nikah) hihihi, met ultah ya buat temennya dan si adek itu, selamet juga lho untuk persahabat yg ... itu. okeh ^^

    ReplyDelete
  9. @Stupid monkey dan pertanyaan itu lagi... --"

    Persahabatan yang itu gmana? Aneh2 sj nih om manki :))

    ReplyDelete
  10. Kereeennnnnnnn..... Klo se ultah bwtkan buat sy juga...^^

    ReplyDelete
  11. @Ay Ay #uhhuk
    saya juga lucu kan mbak :)

    ReplyDelete
  12. kereeen syaaam.. saya pun ikut menangis waktu membacanya.. sy iri dn cemburu tingkat himalaya hahaha..
    pokoknya saya mau kalo ulang tahunka nanti ada tulisan untukku juga.. entah saya masih ada atau tidak di dunia ini nantinya.. pokoknya tiap ulang tahunku harus ada tulisan untukku.. hahaha.. I insist :p

    ReplyDelete
  13. eh btw buwat uun sayaaaaang.. selamat milad.. semoga sehat selalu dn sukses trus.. Sy sgt menyayangi kalian semua den sangat bersyukur krn Tuhan telah mempertemukan kita.. saya orang yg sangat beruntung karena memiliki kalian sahabat-sahabatku.. :)

    ReplyDelete
  14. Uni... Happy Milad.... Semoga Berkah Umurnya...

    T_T Syam... Kamu Gak Romantis... Kamu Lucu

    Saya Tidak berhaparap kamu menulis seperti ini di hari ulang tahunku, karena saya tahu kamu pasti akan sangat sibuk di bulan itu... Just Be My Best Friend Ever & Forever.. ^_^

    ReplyDelete