Powered by Blogger.

Hunger Games


“Winning means fame and fortune.
Losing means certain death.
The Hunger Games have begun…”


Film Hunger Games bercerita tentang satu Negara yang disebut dengan Panem, sebuah Negara masa depan dengan teknologi yang sangat luar biasa dan dihuni oleh manusia dengan dandanan aneh. Tapi, jauh dari pusat kota Negara tersebut terdapat 12 Distrik yang dihuni oleh orang-orang hukuman, yang hidup terintimidasi, kelaparan dan sangat mengenaskan.

Hunger Games adalah sebuah kompetisi tahunan semacam realityshow yang disiarkan langsung oleh TV nasional bangsa Panem, dimana setiap tahunnya memaksa perwakilan dari 12 distrik yang terdapat di dalamnya untuk mengirim masing-masing seorang remaja pria dan perempuan dari umur 12-16 tahun untuk bersaing dalam kompetisi tersebut, mereka harus saling membunuh hingga pada akhirnya hanya tersisa 1 orang sebagai pemenang.

***

Film ini seperti mengajak kita sedikit merenungi tentang arti pengorbanan, kegigihan dan bagaimana bertahan hidup. Adalah Katniss Everdeen yang diperankan oleh Jennifer Lawrence menunjukkan bagaimana dia berkorban untuk menggantikan adiknya Prime, yang semestinya mendapat giliran untuk mewakili distrik 12, disaat itu pula Katniss dengan karakternya yang begitu tegas dan berani berjanji pada adik dan Ibunya untuk menjadi pemenang. Dan akan segera pulang.

Dari distrik yang sama, Katniss ditemani oleh Peeta Mellark yang diperankan oleh Josh Hutcherson yang ternyata menyimpan perasaan cinta sejak lama pada Ketniss. Dan seperti realitity show pada umumnya, unsur “drama percintaan remaja” selalu menarik perhatian banyak orang. Dan dengan mengangkat sedikit kisah percintaan anatara ketniss dan Petaa, mereka mampu mendapatkan rasa simpatik dari penontonnya. Bakan membuat sang penyelenggara acara merubah aturan permainan, tidak lagi 1 pemenang. Tapi 2 pemenang dari tribute/perwakilan distrik yang sama.

Setiap adegan yang ditayangkan semenjak detik pertama kompetisi dimulai membuat saya tegang, ikut khawatir saat Katniss terlihat khawatir, ikut takut ketika Katniss memperlihatkan ketakutannya, dan ikut merasa bersedih ketika katniss tak kuasa menahan beban menjadi “pion” dari permainan bangsa Panem. Sementara dia tidak ada pilihan lain, selain ikut bertarung dan mempertahankan hidup… demi janjinya pada Prime, adiknya.

Bisa dibilang film ini hadir diluar ekspektasi saya, benar-benar memukau… kerenlah yah, recommended! Dan dari om Google saya tahu bahwa Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama, Hunger Games karya Suzanne Collin. Dimana penjualannya melebihi dari serial twilight. Kereeeen! Anyway, ada satu nih quote keren yang sempat dilontarkan Katniss saat sesi wawancara sebelum kompetisi dimulai, saya mau copy dan simpan baik-baik di-otak dan semangat saya…

“I am not pretty. I am not beautiful. I am as radiant as the sun” -- Katniss Everdeen

P.S. Thanks to Neni for sweet popcorn, choco blend, and take me home...

18 comments

  1. Melihat deskripsi tentang film hunger game, sepertinya memang film yang menegangkan. Apalagi harus berperang untuk bisa bertahan hidup. Kayak binatang aja di adu dalam kompetesi. bangsa panem kejam banget sob. Filmnya sudah hadir di bioskop belum sob?

    ReplyDelete
  2. @HP Yitno Yah seperti itulah... 24 orang dikarantina, terus dilepaskan dialam liar dan harus saling bunuh.

    saya nontonnya dibioskop kok, dan sudah lumayan terlambat...

    ReplyDelete
  3. Kayaknya bagus neh film, jadi pengen nonton hehehe...

    Penjelasan filmnya komplet tuh mbak, bikin penasaran aje :)

    ReplyDelete
  4. wow... tambah makin semangat pengen nonton ini :)

    ReplyDelete
  5. aku belom nonton nih... kemaren mo nonton malah gak jadi, kepinjut Jhon Carter

    ReplyDelete
  6. emang lagi rame banget dah yang ngomongin pilem Hunger game ini Kak..
    kayaknye mesti nonton nih (baca:cari bajakan)

    ReplyDelete
  7. I am pretty. I am beautiful.
    ahahahahaha
    *kabuuuurrrr

    ReplyDelete
  8. hehe..kebetulan diberi sinopsisnya, jadi pengen download :), yang ngasih sinopsis bersemangat, pastinya film ini gak mengecewakan deh...
    makasih sudah berbagi mbak :)

    ReplyDelete
  9. hemm bagusan mana ya mbak sama bukunya?

    ReplyDelete
  10. @Anak Rantau Ayo buruan ditonton, dijamin kagak kecewa deh :)

    ReplyDelete
  11. @Arif Zunaidi Riu Aj hehehe, iyyasih... lagi banyak bgt tuh film baru dan menggoda :)

    ReplyDelete
  12. @EYSurbakti selamat membajak kalau bgeto ey :)

    ReplyDelete
  13. @Ninda Rahadi yah, belum baca bukunya saya nin...

    ReplyDelete
  14. oh, sudah main di bioskop tah? mau download belum jadi kemarin. masih kualitas buruk yang tersedia.

    ReplyDelete
  15. @Kang Kombor buruan kang, ceritanyakeren loh :)

    ReplyDelete