Powered by Blogger.

[Bandung-Bromo][12.6] Parade Sunrise Pananjakan I

Salah satu kekuatan yang menarik saya untuk ingin mengunjungi wisata alam Bromo adalah view Sunrise dari Pananjakan. Sebelumnya saya sudah melihat-lihat beberapa gambar dari internet yang merekam detik-detik kedatangan sang Matahari dan WOW...

Bromo, 17 Juni 2012; Pukul 04:07 AM

Diluar kamar sudah terdengar suara orang-orang yang mulai sibuk bersiap-siap menuju kelokasi wisata yang telah mereka rencanakan, sebagian besar memang merencanakan untuk ke Pananjakan I & II, lokasi yang katanya paling oke untuk menyaksikan detik-detik terbitnya matahari.

Semalam saya dan Sule sepakat untuk menggunakan jasa pak Gono dan temannya untuk menggunakan Ojek menuju Pananjakan I sepaket dengan mengitari latan pasir menuju kawah Bromo, biayanya 150rb/pax. Harga itu sudah termasuk dengan biaya untuk mengantarkan kami ke terminal Probolinggo. Agak mahal, tapi kita nawarnya mentok. Mau sharing Jeep juga rata-rata pengunjung sudah datang dengan rombongannya masing-masing yah mau gak mau kita terima juga pada akhirnya.

WOW! ini luar biasa... jalur yang kami lewati untuk menuju ke Pananjakan I itu gila! Dalam kegelapan kami menembus lautan pasir yang sebenarnya tidak begitu bersahabat untuk dilalui kendaraan biasa, kecuali jika pengemudinya memang sudah ahli macam tukang ojek yang saya tumpangi. Belum lagi cuaca dingin yang menembus kulit, sebisa mungkin saya menutup permukaan kulit kecuali diarea mata, menggunakan 3 lapis baju dan 2 lapis celana, scarf, kupluk dan sarung tangan. Saya termasuk orang yang mudah kalah denga cuaca dingin, jadi agak sedikit khawatir sebenarnya.

Ada untungnya sih menggunakan Ojek, selain lebih murah yah bebas hambatan. Bayangkan saja ada ratusan Jeep yang antri untuk menuju ke Pananjakan, sementara matahari tidak mungkin menunggu. hehe, motor yang kami gunakan dengan begitu mudahnya menembus titik titik kemacetan, jalanan menanjak dan berbatu-batu semuanya lewat. Sedikit menghawatirkan sih, yah banyak berdoa saja. Jadi ingat pesan pak Mun kemarin, Kemanapun kita harus "ingat", bahaya dimana-mana.

Pukul lima lebih, bersama saya ada ratusan orang yang juga menanti Matahari. Terlau berdesak-desakan disini, tapi saya dengan mudahnya nyelip-nyelip diantara ratusan orang untuk bisa menyaksikan matahari. Buat apa jauh-jauh ke Bromo kalau cuman lihat Pantat dan Kepala orang. Haha! well, akhirnya saya bisa melihat Matahari itu datang dengan mata saya sendiri, Subhanallah... Indah... #speechless


Well, pemandangan sunrise paling mempesona adalah dari Pananjakan I, dari tempat tersebut pun kita dapat melihat dengan gagahnya gunung Bromo, Batok dan Semeru berdiri. Ada beberapa cara untuk bisa menjangkau daerah tersebut, diantaranya:

Trekking - Untuk yang memiliki fisik kuat tidak ada salahnya mencoba trekking di Bromo, sudah ada jalur-jalur yang disediakan. Alternatif ini tentunya gratis, hanya perlu membawa banyak air minum untuk persediaan. Dari informasi yang saya dapat untuk dapat menikmati view sunrise, trekking bisa dimulai pada pukul 02:00 Am.

Ojek - Ini adalah alternatif kendaraan yang saya gunakan. Harga mulai dari 100-150rb, tergantung Nego. Kenapa ojek? karena Naik Jeep Mahal! sementara saya hanya berdua dengan teman, yah setidaknya nilai lebih lain dari menggunakan Ojek adalah anti Macet. Berhubung menjelang sunrise ratusan Jeep serentak membawa wisatawan menuju Pananjakan. Oh iyya, kalau naik Ojek bisa singgah seenaknya di manapun kalian mau mengambil gambar. hahaha...

Jeep - Kebanyakan wisatawan menggunakan alternatif kendaraan ini untuk menuju kawasan wisata bromo, baik itu ke Penanajkan, kawah dan pasir berbisik. Harganya sekitaran 350-450rb, mahal tapi murah untuk yang mengunjungi bromo beramai-ramai. Hanya itu dia, bersabarlah saat menggunakan Jeep soalnya Macet.

Lah, view gunungnya mana? hmm... posisi berdiri saya tepat di arah matahari terbit (timur), sementara untuk view 3 gunung itu sedikit kekanan. Dan kondisi saat itu tidak memungkinkan untuk bergeser kesana kemari, terlalu sesak dan berdesak-desakan.

Oke, setelah Pananjakan mulai longgar bergeserlah kami kearea dimana dari situ kita bisa melihat gugusan gunung Bromo, hmm... kereeeen!


Setelah puas menyaksikan parade sunrise dari Pananjakan I, kami bergegas meninggalkan tempat ini menuju lokasi selanjutnya. Kawah gunung Bromo! sepertinya semakin banyak manusia disini. Iyalah, mereka sama saja seperti saya pemburu keindahan alam. Indonesia itu cantik, cantik dan cantik!

Gapura Pananjakan I

Ps. Terjadi sedikit kesalahan fatal saat saya ke Bromo. Salah konsep. Dari rumah saya hanya membawa sepatu high heels dan sepatu ballet pink. Beruntung ada sendal hotel yang saya bawa pulang saat nginap di Jakarta yang akhirnya menjadi pilihan saya untuk melindungi kaki, ditambah dengan kaos kaki Sule lengkaplah. Ke-gunung pake sendal hotel tipis bin longgar, Akh! so cool :p

10 comments

  1. keren nih jadi penasaran kesana .. aku juga pernah sih mau kesana gtu

    ReplyDelete
  2. Subhanallah .... Cantik ^^
    Paling suka foto pertama, cantik ....
    Yang lain juga cantik ...
    Cantik, cantik, cantik ..... pengin ke situ juga ...

    ReplyDelete
  3. hahahahaa Bromo emang baguus... hebat euy dapet sunrise disitu. Saya dulu sunrisenya di ranu kumbolo, baru turun mampir bromo.

    kapan-kapan kudu coba deh dari view itu

    ReplyDelete
  4. wew ... :) :P :D
    beruntung dapet view yg keren banget ya :D

    ReplyDelete
  5. Subahanallah bagus banget ciptaan sang maha kuasa. Ada yang agak menggelitik mbak. Buat apa jauh-jauh kalau hanya untuk melihat pantat orang (bikin ketawa orang yang membacanya he..he..)
    Selamat mengagumi keindahan matahari terbit kak.

    ReplyDelete
  6. kaya'a lebih indah Sunrise di Rinjani syam,soalnya didepan'a ada danau segara anak

    ReplyDelete
  7. lain kali bawa tenda
    nginep di penanjakan biar bisa ngapling lokasi paing keren

    ReplyDelete
  8. subhanallah..its amazing sunrise..menikmati foto yang dishare semakin memicu adrenalin untuk bisa segera berkunjung juga ke bromo

    ReplyDelete
  9. gambar pertama...betul2 amazing...there is no line on horizon

    ReplyDelete
  10. wew, cantik cantik ,, keren fotonya
    sayang waktu kami kesana, Pananjakan mendung berkabut :(

    ReplyDelete