K r i s t i k

Sekarang saya doyan kristikan, dari yang awalnya cuman mengingat-ingat keterampilan-keterampilan yang pernah saya jajali jaman sd-smp-smu dulu lalu lanjut searching sana-sini, la viola! Ketemu banyak situs kece yang bikin saya semakin ngiler untuk kembali mengeksplore kemampuan saya dalam bidang ini.

Jenis-jenis tusukan dalam kristik

Apa itu kristik/sulam strimin/cross stitch? Kalau menjelaskannya pakai bahasa dan pengetahuan saya apa adanya, kristik adalah seni tusuk silang, menggunakan jarum tumpul bermata besar, kain dengan pola kotak-kotak (kain aida) dan benang warna-warni yang di padupadankan membentuk pola tertentu.

Awal mula saya kenal kristik ini waktu jaman smp, waktu itu diajarin sama Mama. Jadi Mama yang membuat tusukan menyilang mengikuti pola yang ada, saya tinggal membantu mengisi backgroundnya. Gampang sih hanya tinggal tusuk menyilang pada area yang belum tertutupi saja. Pelan dan pasti saya pun mulai bisa membuat tusukan menyilang, membaca pola dan membuat karya saya sendiri.

Baru beberapa bulan belakangan ini saya kembali jatuh hati dengan kesenian tersebut. Saya mulai nyicil beli bahan, mulai dari kain aida, jarum, benang wol warna warni. Mulai cari-cari pola yang simple, unik dan lucu. Di Makassar sendiri, kain aida, benang wol dan jarum cukup mudah ditemukan, tapi dari beberapa referensi yang saya dapat, untuk membuat sulaman kristik ini paling bagus menggunakan benang DMC karena memiliki corak warna yang lebih luas, warna lebih terang dan tidak mudah luntur. Saya mulailah hunting benang kebeberapa toko yang menyediakan segala rupa benang, dan ternyata nihil.. suseeeeyy cari benang DMC disini, cuman ada benang wol dan aneka macam benang yang cocoknya dipakai untuk merajut dan bordir.

Di Toko malang, yang letaknya dijalan jampea saya menemukan benang yang sebelas dua belas sama DMC, teksturnya halus, dengan warna-warna mencolok, salah satunya merek Cosmo harganya 7rb/8m. Mahalnyaaaa... Di Toko harapan yang ada dalam pasar sentral, saya pun menemukan benang yang serupa DMC mereknya sinar terang, warnanya lebih kusam sih, teksturnya pun lebih kasar dan harganya 1rb/48m. Saya jadi penasaran, bagaimana rupa dan berapa harga untuk benang DMC yang asli? Hehe.. melihat perbandingan harga yang sudah ada saja saya sudah terkaget-kaget, apalagi kalau mau dibandingkan dengan benang wol yang satu gulungnya bermeter-meter hanya 2.500? aw aw aw.. kembali lagi, ada rupa ada harga!

Sejauh ini, saya belum seattle/fix akan menggunakan benang jenis apa untuk menyelesaikan beberapa project kristik saya kedepannya. Saya sudah menyelesaikan dua pola uji coba, pertama menggunakan benang wol dan yang kedua menggunakan benang sinar terang, dan hasilnya? Secara detail jelas jauh beda, tapi kalau sudah dibingkai, sebelas dua belaslah.. sama-sama enak dilihat kok.


Home sweet home: karya pertama, menggunakan benang wol
Allahuakbar: Karya kedua, menggunakan benang bordir sinar terang

Nah yang dibawah ini selfproject ketiga saya, polanya mulai terlihat semrawut. Tapi ini tergolong masih simpel sih, membuat rumah imajinasi yang polanya saya beli di toko kristik online. Saya target seminggu untuk merampungkan semuanya, berhubung saya hanya bisa memanfaatkan beberapa jam sepulang kantor plus satu jam setelah subuh. Hehe.. repotin yak, tapi saya menikmatinya dooong. 

Home: BPN project, saya kembali coba pakai benang wol
on progress, 40% done!

Ini hanya pengantar, dan akan banyak lagi ceritacerita tentang saya yang berkristik ria, atau mungkin menjajali kemampuan-kemampuan masalalu saya lainnya seperti merajut yang tak seberapa ahli, sketsa yang tak seberapa ahli, menjahit yang tak seberapa ahli, berkebun yang tak seberapa ahli. Ceritanya nostalgia, nostalgia dengan kemampuan serba tanggung saya, ditambah ndak fokus ya jadinya semua musti diraba-raba lagi dari awal. Haha... kalau dipikir-pikir saya ini keren dan serba bisa yak :p, tapi ya-su-dah-lah!

Yang jadi pertanyaan (untuk diri sendiri) sekarang adalah kenapa ya justeru hal yang paling penting/important/fundamental/urgent/vital yang harus dimiliki oleh seorang perempuan seutuhnya malah saya benar-benar payah? akh.. saya ndak jago masakkk! :(((( #pupukmyself

-221013.12:56am-

A blogger who inspired by people, book and music. Loved to Expressing myself through my story and photograph.

6 comments:

  1. dulu saya juga diajarin nyulam kayak gini mbak syam.. tapi cuma polanya aja..

    ternyata fungsinya juga Ъϊśå buat gambar toh.."kristik"

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin cuman tusukan dasar kali ya srulz, nah tusukan2 itu kalo digabung-gabungkan ikutin pola/gambar bisa jadi karya yang ciamik loh..

      Delete
  2. hai, boleh minta emailnya untuk kerjasama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, di syamhijrawati[at]gmail[dot]com

      Delete
  3. Mba itu di toko malang jalan jampea detailnya di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari ahmad yani masuknya itu disisi kiri depan lapangan futsal, saya lupa nama lapangannya. tokonya lumayan besar tapi keliatan kalau sudah tua bangunannya.

      selamat mencari :)

      Delete