Powered by Blogger.

Omong-omong soal wajah Part.1

Dihari minggu cerah dan ceria ini, saya pingin bahas soalan perawatan wajah dan tatarias. Ehem... saya tak seberapa ahli sik, jadi jangan berharap ada tips and trik bagaimana supaya wajah bisa jadi cantik cetar membahana ala princess syahrini. Hanya sekedar sharing produk harian yang setiap hari mejeng diwajah saya, dan membuat saya selalu merasa lebih fresh dan terlindungi.

Kulit wajah saya tergolong sensitif, akibat duludulu tak begitu peduli merawat kulit padahal hobby saya tergolong ekstrim; berenanglah, main dipantailah, sepedaanlah. Tapi karena sekarang sudah ngerti bagaimana dan untuk apa merawat kulit wajah, makanya sekarang lebih telaten. Saya anti dengan produk yang instan, apalagi kalau efeknya bikin wajah putih/bercahaya dan kencang, saya takut dengan segala akibat dihari tua nanti jadinya saya menggunakan produk yang saya yakin aman untuk saya pakai rutin dan dalam jangka waktu panjang. InsyaAllah..

Untuk skincare saya menggunakan produk Biokos dari Martha Tilaar, 100% buatan indonesia aseli. Karena kulit saya berminyak dan rentan berjerawat saya pakailah yang varian Pure Balance 20'S yang kemasannya warna ijo muda dan aromanya segarrr. Sebelum pakai biokos ini saya menggunakan produk tea tree dari Bodyshop, tapi berhubung bulan Juni kemarin wajah saya kembali breakout yang disebabkan karena stress dan pola makan yang acakadut, tea tree tak lagi mempan makanya saya mencari pengganti. Setelah membaca review sana sini, akhirnya saya jatuh hati dengan produk Biokos.. alhamdulillah Jodoh! Yeay.. harganya pun jauh lebih murah.


Untuk sehari-hari, dipagi hari sebelum beraktifitas keluar rumah saya memulai dengan tersenyum tulus ikhlas kepada diri saya sendiri. Saya cantik dan sehat. Alhamdulillah.. sebelum mandi saya menggunakan cleansing milk sewajah-wajah, cukup diaplikasikan langsung kewajah kemudian dipijat-pijat. Manfaatnya apa? Untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menempel biasanya berasal dari sebum bercampur produk yang diaplikasikan malamnya, kalau sabun itu sifatnya cuman membersihkan diarea luar sementara milk/oil jangkauannya lebih dalam. Setelah merata lalu angkat dengan kapas, dijamin kulit wajah akan nampak jauh lebih segar. Setelah itu barulah ketahap berikutnya, bersihkan dengan sabun, bukan sabunnya ya tapi busa dari sabunnya, saat menggosok wajah jangan keras-keras karena wajah kita bukan panci, dan finishingnya pun tidak perlu kesat, cling! Kalau kata iklan sabun cuci piring, karena sekali lagi kulit kita bukan piring. Setelah dirasa cukup bersih, keringkan muka dulu lalu dilanjutkan lagi dengan menggunakan toner, gunanya apa? Untuk meringkas pori, kalau saya wajib hukumnya karena wajah berminyak itu identik dengan pori yang besar. Jangan minder dengan poripori besar, pede saja.. haha, itu aset masadepan juga sebenarnya karena cadangan sebum lebih banyak jadi kulit tidak mudah keriput.

Sampai disini saya simpulkan dulu, urutan pemakaian skincare yang benar itu adalah: milk/oil cleanser - sabun - toner. Setelah tiga produk tersebut menyerap sempurna kewajah, saatnya menggunakan pelembab/moisturizer untuk menjaga kelembapan wajah apalagi untuk saya yang kerja dalam ruang ber-AC. Kalau untuk yang ini saya masih setia dengan produk dari tea tree karena dari banyak moisturizer cuman produk tea trea yang berbentuk gel kalau yang cream saya tak begitu suka, lengket. Setelah pelembab menyerap sempurna saya kemudian menggunakan sunscreen erhalogy SPF30++ dari Erha untuk kulit wajah dan lipbalm bening dari wardah untuk kulit bibir, ini penting untuk melindungi wajah dari pancaran "nakal" sinar matahari, UV-A dan UV-B. Baru juga dua bulanan saya ngerti dan rutin pakai sunscreen, hehe.. efeknya maksimal! Obat anti keriput yang paling handal, karena sebenarnya matahari yang sangat bermanfaat bagi peradaban inilah yang justru mengandung banyak "penyakit" untuk kulit, khususnya matahari jaman modern saat ini yang teriknya pedisssss menusuk. Hadehhh.. kemana aja syaaaam!


Setelah menggunakan skincare (milk/oil-sabun-toner), skin protection (pelembab-sunscreen-lipbalm), nah saatnya menggunakan layer teratas. Kalau saya hanya menggunakan loosepowder, kadang-kadang hanya pakai bedak marcks yang rose atau kalau lagi ganjen pakai loosepowder dari bodyshop, ada shimmernya jadi kilap-kilap gimana gitu. Nomornya kegelapan dikulitku, jadi dipakai sesekali saja tapi tetap suka karena kesannya coklat-coklat eksotik! Tapi kalau sudah mulai minyakan, hadeuuuuuhhh... kucaaaaam. Makanya paper face adalah benda paling paripurna untuk dibawah kemana saja. Hahaha :)

Saya memilih untuk tidak menggunakan BBcream, foundation, bedak padat dan blush on karena kesannya berat dan tidak natural. Suka sih sebenarnya liat cewek-cewek yang wajahnya kinclong merona tapi kalau mau diaplikasikan kediri sendiri Big No! Kasihan kulit. Ya mau ke kantor, jalan-jalan atau ke acara pernikahan sama saja sih, saya pun tergolong malas kalau mau re-apply lagi gegara meleber/luntur setelah wudhu. Jadi ya simpel-simpel saja, dempulin bedak bubuk tipis-tipis.. bereslah.

>>> lanjut kesini yak!

No comments