Powered by Blogger.

Memanfaatkan sisa kain aida dengan Stitchpeople


Sebagai sticher pemula, saya masih saja selalu keliru saat memprediksi ukuran kain yang akan digunakan dalam menyelesaikan satu project kristik. Alhasil, kain sisa melimpah ruah dalam berbagai ukuran yang terkadang terlalu sayang kalau mau dibuang, mau dipakai untuk menyelesaikan pola-pola yang saya punya pun sangat-sangat tidak memungkinkan. Jadinya, saya gunakanlah kain kain itu untuk membuat kristikan dengan pola kecil yang saya contek dari diinternet. 

Salah satu yang menjadi favorit saya adalah stitch people, nemu di instagram. Sebenarnya akun ini hanya menyediakan beberapa pola sederhana yang bisa kita tiru, selebihnya dia banyak menunjukkan hasil kristikan dalam satu tema besar: Family/Friends. Tehnik sulamnya tidak begitu sulit, tapi yang saya kagumi dari karya-karya dalam akun itu adalah ke-orisinil-annya, apayah sitilahnya?, pokoknya bener-bener membutuhkan kreatifitas yang luar biasa untuk bisa membuat tokoh-tokoh berbeda yang pastinya dia sesuaikan dengan peruntukannya. Bagaimana memadumadankan warna, kemudian finishingnya disempurnakan dengan frame yang selalu saja match. Simplesweet, i love it.

Saya pribadi merasa terinspirasi, cobacoba membuat dengan menirukan pola yang ada dan jadinya seperti yang ada dibawah ini.. masih kasar yak, hihi.. pemula gituloh, apalagi saya hanya pakai benang wol.


Saya menyelesaikan pola diatas tidak sampai setengah hari, maklum saya kerjanya dengan sangat serius (tumbeeeen), dan karena saya merasa semakin tertarik saya pun kembali mencoba dengan membuat pola sendiri yang tentunya masih tetep berkiblat dari pola/karya yang ada dalam akun instagram Stitchpeople, gampang sih, imajinasi saya mengarahkan pikiran saya untuk membuka Excell dan membuat kotak-kotak kecil dengan mengatur kolom-baris 10x10 pixel, terus kotak-kotak yang ada diisi warna hingga menyerupai bentuk, dan jadinya seperti dibawah ini:


Saya coba sedikit improvisasi dengan membuat pola gadis berkerudung, ya siapa tau besok-besok saya kehabisan akal untuk memberi bingkisan untuk orang-orang istimewa dalam hidup saya yang kebanyakan memang menggunakan jilbab, kan lumayan saya buatkan saja kristikan serupa. Walau sederhana kalau itu buatan tangan sendiri, cita rasanya tentu saja berbeda. Iya ndak? so pasti iya :))

Sekarang, kalau ada sisa kain saya biasanya sulam-sulam saja, belajar membiasakan diri biar hasilnya lebih rapi saja dulu. Kalau hasilnya masuk dalam kategori memuaskan yah pantaslah untuk dibingkai dan dipajang, tapi sejauh ini belum ada yang benar-benar memuaskan saya, masih butuh belajar lagi yang banyak kali yah.

Sampai jumpa diproject kristik saya berikutnya, halah, ini apaaa... hihi.

No comments