Powered by Blogger.

Tawuran Mahasiswa


Tadi di Sun TV menayangkan acara talkshow yang temanya membicarakan tentang, adakah dalang dibalik tawuran mahasiswa?

Waktu Bapak narasumber membeberkan data statistik korban meninggal akibat tawuran mahasiswa pada beberapa kampus di Makassar, saya tercengang. Gila!!! Nyawa melayang sebegitu mudahnya? It's okay, itu sudah panggilan ajal mereka, tapi bukankah kita sendiri diberi hak oleh Allah untuk memilih jalan perantara, dimana dan bagaimana nanti kita akan dipanggil-Nya? Dan anak-anak itu, mereka mati muda ditangan teman sendiri. Mati konyol!

Dulu saat mahasiswa, saya pun banyak melewati masa-masa dimana arogansi kelompok merajalela. Perang antar kampus bahkan antar fakultas menjadi tontonan sehari-hari. Saling kejar-kejaran, lempar-lemparan batu sampai merusak fasilitas kampus. Suasana begitu mencekam. Mau kemana-mana jadinya was-was. Takut. Dari beberapa tawuran yang saya lihat, polanya jelas, sesaat setelah prosesi penerimaan mahasiswa baru. Kader baru. Tawuran itu tak lebih dari dendam turun temurun yang coba didoktrin oleh senior-senior tidak bertanggung jawab pada junior-junior baru yang (justru) kebanyakan datang dari daerah, mereka menanamkan EGO kelompok atas nama pengkaderan lembaga kemahasiswaan.

Disinilah mata dua pengkaderan. Satu sisi benar-benar bisa membentuk mental kepemimpinan sang kader dan disisi lain membuat mental mereka cacat. Pilihannya; apatis atau terjebak dalam solidaritas buta. Ini salah siapa? Yah coba kita tanyakan pada rumput yang bergoyang..

Saya adalah bagian dari orang yang tidak bisa berbuat banyak dalam lingkup yang lebih besar. Maka dari itu tugas saya hanya mengingatkan mereka yang bisa sekaligus mau mendengarkan saya: jaga tujuanmu, jaga semangatmu, jaga pergaulanmu dan yang paling penting jaga amanat orang tuamu. Belajarlah sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya; sosialisasi dalam organisasi itu perlu tapi pada batas yang sewajarnya. Dunia kemahasiswaan adalah dunia dengan berjuta motif. Dari dulu, apalagi sekarang.

Hati-hati dan selamat belajar, adik-adik.

---
201113/Sym

No comments