Asisten Pak Bendahara


Sejak saya pindah dinas ke Pinrang, cakupan pekerjaan saya semakin luas. Saya yang tadinya hanya sebatas operator komputer di bidang keuangan, sekarang mulai dapat kerjaan bantu-bantu Pak bendahara. Sebenarnya, jobdes saya tidak sampai kesana hanya saja karena saya dan Pak bendahara sama-sama pemula di bagian keuangan jadinya kami berkomitmen untuk saling bantu-bantu tidak mengkota-kotakkan pekerjaan, pekerjaan dia adalah pekerjaan saya dan pekerjaan saya adalah pekerjaan dia juga. Awalnya semua mulus-mulus saja, tapi setelah negara api menyerang kami mulai membagi-bagi tanggungjawab. Tetap saling bantu-bantu tapi tidak lagi terikat tanggung jawab secara penuh.

Selama menjadi asisten Pak bendahara, saya semakin mengerti bagaimana proses pencairan keuangan pada satu instansi pemerintah. Mulai dari terbitnya DIPA yang didalamnya terdapat pagu anggaran, pembuatan SPP, SPM, Gaji, Uang makan, hingga mengajukan dokumen-dokumen tersebut ke KPPN setempat, dan setelah semua kegiatan belanja-belanja itu dilaksanakan dalam satu bulan kegiatan, lalu pada awal bulan berikutnya dibuatlah LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) Bendahara Pengeluaran, dan setelah itu kemudian dilakukan rekonsiliasi antara satker dan KPPN yang mana ini dimaksudkan untuk melakukan kontrol antara pengguna keuangan dan penyalur dana biar pencatatannya sama.

Sedikit monoton memang pekerjaan di bagian keuangan, dalam sebulan melakukan kegiatan yang sama selama berbulan-bulan, selama bertahun-tahun. Yang menjadi tantangan sesekali adalah ketika aplikasi yang kami gunakan error, mengatasinya kadang susah kadang juga mudah saja, modal googling saja atau bertanya kesana kemari. Saya suka segala proses yang membuat saya harus melibatkan diri berdiskusi dengan orang-orang yang lebih banyak ilmunya, dan tidak sungkan untuk membagikannya.

Sempat terbersit keinginan membuat blog yang isinya tutorial proses membuat dokumen-dokumen keuangan hingga akhirnya bisa dibawah ke KPPN hingga terbitnya SP2D dan uangnya masuk kedalam rekening satker, hal yang berulang, tapi untuk pemula jelas ini cukup rumit harus dibiasakan sampai hapal diluar kepala semua step-stepnya. Butuh salah dulu untuk tahu jalan keluar semua permasalahan yang ada pada aplikasi. So far, saya menikmatinya.. dan karena saya tak lagi intens mengerjakan semua pekerjaan Pak bendahara, ada baiknya saya menuliskannya sebelum saya benar-benar dibuat lupa.Semoga. Haha.

No comments

Powered by Blogger.