Powered by Blogger.

Belanja Tanaman



Uceng menghubungi saya via BBM, mengajak untuk sama-sama berburu kaktus diseputaran wilayah Makassar. Awalnya saya heran, setelah hampir 3-tahun tidak pernah bertemu dan bertukar kabar tiba-tiba kami akan bertemu dan berburu kaktus. Kecuali bahwa mungkin dia menemukan banyak jejak love dan komentar dari akun instagram saya di akun-akun instagram pecinta/penjual kaktus.

Untung bagi saya, sudah lama sebenarnya saya punya niatan untuk memelihara tanaman sejenis Kaktus dan Sukkulent. Tanaman yang entah kenapa terlihat begitu anggun dan photogenic bak model cantik, hanya saja info yang saya peroleh masih sangat terbatas. Pernah sekali saya menghubungi seorang re-seller kaktus yang tinggal didaerah Gowa, tapi karena kesibukan Ramadhan saya akhirnya menunda untuk berkunjung. Saya kira penjual kaktus hanya dia seorang di bumi Sulawesi-selatan ini, dan lalu saya diperlihatkan banyak akun penjual kaktus lainnya, dari Uceng pula pada akhirnya saya mengenal Kak Sari pemilik akun @iwedwed, seorang yang awalnya hanya pecinta/kolektor kaktus dan sekarang menjadi Seller area Makassar. Tempatnyalah yang kami kunjungi pada hari Jum’at, 22 Juni 2017.

Hampir pukul 10:00 a.m. waktu Makassar, kami janjian bertemu di pelataran parkiran Alfamart dipersimpangan ujung Pettarani-Alauddin. Sedikit canggung awalnya setelah sekian lama, dan lalu semua mencair ketika kami mulai membahas segala topik sepanjang jalan menuju rumah kaktus di daerah Rappokalling. Setibanya kami dirumah Kak Sari, pemandangan tanaman yang selama ini hanya saya lihat dibalik layar Tablet tipis kini ada didepan mata saya; nyata. Sewaktu kecil saya sering melihat kaktus, hijau berduri dan begitu-begitu saja. Yang didepan saya Nampak puluhan model kaktus dengan berbagai warna, pun saya baru benar-benar melihat tanaman yang selama ini orang sebut dengan Succulent, Peperomia dan banyak lagi yang (maaf) saya tidak tahu namanya.



Hampir 2-jam lamanya kami melihat-lihat display yang ada dirumah Kak Sari, bertanya banyak tentang bagaimana memelihara dan mengembangbiakkan tanaman-tanaman, sembari memilih-milih tanaman yang akan dibawa pulang. Sebagai awam dan pemula, saya memilih tanaman yang tidak hanya eye-catching saja tapi juga yang perawatannya mudah. Ternyata diantara banyak tanaman, jenis tanaman Succulent yang paling “cengeng” kemampuan bertahan biasanya hanya kisaran mingguan saja, walau begitu jelas jenis tanaman ini pula-lah yang paling menarik.

Sembari menunggu Uceng sholat Jum’at di masjid, Kak Sari bercerita banyak tentang hobbynya ini. Saya salut, merawat tanaman itu tidak mudah apalagi sebanyak yang saya lihat dirumahnya, dia adalah seorang akuntan disalah satu perusahaan swasta di Makassar yang jam kerjanya 8-5! Dari dialah saya semakin banyak mengenali akun-akun instagram penjual tanaman di-area Makassar, tidak sedikit rupanya. Saya juga diperkenalkan dengan seni Terrarium, atau seni menghias tanaman-tanaman lembap pada wadah transparant dengan menambahkan pasir, bebatuan, lumut dan miniatur. Saya cukup terkesima dan excited dengan Terrarium ini, imajinasi selalu pantas diberi penghargaan lebih.


Dan akhirnya saya membawa pulang 3 jenis tanaman dengan harga Rp. 130.000,-. Saya memilih 1pot kaktus dengan model berdaun pada setiap durinya, 1pot succulent yang kata uceng mirip dengan tempat duduk Dewi Kwan Im dalam Serial Kera Sakti, dan 1pot Peperomia watermelon. Kesemuanya saya satukan dalam dudukan dan saya letakkan di pojok ruang tamu untuk memberi kesan hijau dan segar. I loved it! Pada lain postingan saya akan membahas bagaimana saya berusaha menjaga dan merawat tanaman belanjaan saya ini dengan penuh perhatian agar tetap hidup. 


Tanaman kaktus dan sukulent tidak hanya cantik dipandang tapi juga bermanfaat dan tergolong mudah perawatannya. Dari informasi yang saya peroleh dari Kak Sari, kaktus dan sukulen dipercaya dapat mengurangi efek radiasi gadget seperti komputer, HP, laptop. Apalagi tanaman tersebut juga termasuk jenis tanaman yang bisa membersihkan udara didalam ruangan, dimana pada malam hari mengeluarkan Oksigen . That’s why, banyak orang-orang kantoran yang memasang tanaman ini di kubikel kerja mereka atau ibu-ibu rumah tangga yang menaruh dipojok ruangan.

Terimakasih Uceng untuk inisiatifnya yang akhirnya mempertemukan saya dengan Kak Sari dengan segudang Ilmu dan Informasi seputar tanaman, semoga kita semua diberi kesehatan untuk menyehatkan bumi. Go green, go planting trees 😉

Seller Information
Instagram : @Iwedwed
Contact/WA : 085394185502
Alamat : Jl. Ar Dg. Ngunjung, Lr. 1 No. 4 Kel. Rappokalling Kec. Tallo Makassar – Sulawesi selatan

5 comments

  1. aku juga pengen beli mbak kaktus yang batu2an gitu potnya tapi tarlah nunggu space lebih lebar habis pindahan biar gak rempong :D

    mohon maaf lahir batin ya mbak, taqabalallahu minna wa minkum

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli nin itu serius enak bgt diliat sama mata
      maaf lahir batin juga, :)

      Delete
    2. Selamat hari raya, mohon maaf jika ada salah kata.

      Delete
  2. Kak Sari, saya ingin lebih dekat agar bisa menimba ilmu nih. saya juga ingin memelihara tanaman kaktus. Manfaatnya sungguh luar biasa tanaman kaktus, ruangan saya penuh dengan gadget. Cocok rasanya.

    ReplyDelete
  3. kaktus...tanaman yang tidak ribet untuk diurus... cukup tanah dan sedikit air, and they'll be okay.. :D

    ReplyDelete